Irwan Febri Rialdi
Striket Timnas Australia U-16, Noah Botic (Sumber: Socceroos.com.au)

Bolatimes.com - Australia U-23 sudah mengumumkan skuat mereka untuk menghadapi Timnas Indonesia U-23. Dari 21 pemain yang dipanggil, Noah Botic bisa jadi ancaman serius.

Indonesia sendiri akan menghadapi Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Tajikistan. Berlangsung dua leg, partai ini dijadwalkan bergulir pada 27 dan 30 Oktober.

Beberapa pemain Australia U-23 pernah saling berhadapan dengan beberapa pemain Timnas Indonesia U-23. Itu terjadi pada Piala Asia U-16 2018.

Baca Juga:
Reaksi Aktris Argentina usai Dituduh Pelakor dalam Rumah Tangga Wanda Nara

Botic adalah salah satu pemain itu. Bahkan, dia tercatat pernah membobol gawang Indonesia di kompetisi tersebut. Lantas siapa Noah Botic sesungguhnya? Berikut profilnya.

Profil Noah Botic

Sosok bernama lengkap Noah Vinko Botic ini lahir di Sydney, Australia, pada 11 Januari 2002. Dia memulai pendidikan sepak bolanya di Hurstville Zagreb saat usia dini.

Baca Juga:
Kelewat Tajir, Bos Arema FC Beli Mobil Miliaran Rupiah Tak sampai Semenit

Dia berpindah ke beberapa klub selama menjadi pemain junior, seperti Western Sydney Wanderers, Sydney Olympic, hingga Rockdale City Suns.

Namanya semakin dikenal setelah dia tampil apik di Piala Asia U-16 2018. Total dia mencetak lima gol dan menjadikannya top skorer bersama Shoji Toyama (Jepang) dan Luqman Hakim (Malaysia).

Salah satu gol itu dicetak Botic saat melawan Indonesia di babak perempat final yang berakhir dengan kemenangan 3-1. Sayangnya, Australia dikalahkan Jepang di semifinal.

Baca Juga:
Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Australia Akhirnya Berkomentar

Meski begitu, hasil tersebut tetap mampu membuat Australia lolos ke Piala Dunia U-17 2019. Noah Botic kembali tampil apik di ajang tersebut.

Total dia mencetak 4 gol dan membawa Australia U-17 melenggang ke babak 16 besar. Namun, perjalanan mereka terhenti usai dikalahkan oleh Prancis.

Penampilan apik Botic di level tim nasional kelompok umur dan juga klub, membuatnya dilirik sejumlah klub Eropa setelah Piala Dunia U-17.

Baca Juga:
Luka Modric Jagokan Karim Benzema Raih Ballon d'Or, Bukan Ronaldo

Botic sempat mengikuti trial di Manchester United dan mencetak satu gol saat mengalahkan Newcastle United. Hal ini membuat beberapa tim seperti Everton dan Bayern Munchen berminat padanya.

Pada akhirnya, Noah Botic pindah ke Hoffenheim pada 2019. Dia disebut menjadi penerus dari striker legenda Australia, Mark Viduka, karena kemampuannya.

Namun, cedera membuat karier Botic terhalang. Dia akhirnya pindah ke klub A-League, Western United, pada Agustus 2021.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More