Irwan Febri Rialdi
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai berhasil membobol gawang Thailand di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, UEA, Kamis (3/6/2021). (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Guna membawa Timnas Indonesia U-23 berlaga di Piala Asia U-23 2022 mendatang, Shin Tae-yong turut memanggil pemain yang tergabung di skuat senior.

Timnas Indonesia U-23 akan menjalani laga sulit kala menghadapi Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 grup G di Tajikistan.

Laga ini diyakini akan berlangsung dengan format dua leg atau dua pertandingan layaknya tim senior kala menghadapi Taiwan di Play Off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga:
4 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Berkarier di Luar Negeri

Hal tersebut kemungkinan terjadi lantaran dua negara lainnya yang tergabung di grup G yakni Brunei Darussalam dan China, mundur dari ajang ini karena berbagai alasan.

Mengingat lawan yang akan dihadapi adalah Australia dengan materi di atas rata-rata, Shin Tae-yong pun turut memanggil beberapa pemain U-23 yang sebelumnya tergabung di tim senior.

Para pemain muda di bawah usia 23 tahun ini sebelumnya turut disertakan dalam TC Timnas Indonesia senior dan dibawa dalam laga melawan Taiwan beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Wow, Sir Alex Ferguson Habiskan Ribuan Bungkus Permen Karet selama di MU

Sederet pemain dipanggil oleh Shin Tae-yong. Namun tiga di antaranya seperti Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu dan Saddil Ramdani tak bisa dibawa karena dilarang klub maupun cedera.

Meski demikian, Nova Arianto selaku asisten Shin Tae-yong tak menutup kemungkinan bila Egy dan Abimanyu turut bermain nanti di laga melawan Australia kelak.

Kira-kira, siapa saja pemain timnas senior yang dibawa Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia U-23 saat TC di Tajikistan?

Baca Juga:
5 Pemain Termuda Timnas Indonesia U-23, Ada yang Masih 17 Tahun

1. Asnawi Mangkualam

Pemain yang biasa beroperasi sebagai bek kanan di Ansan Greeners ini dibawa oleh Shin Tae-yong. Kemampuannya dalam menyisir sisi lapangan dan bisa menempati posisi gelandang bertahan akan menambah kekuatan di lini belakang Timnas U-23.

2. Pratama Arhan

Baca Juga:
Link Live Streaming Persipura vs Persebaya, Kick Off 18.15 WIB

Selain Asnawi Mangkualam di sisi kanan, Shin Tae-yong juga memanggil Pratama Arhan untuk memperkuat sisi kiri. Kemampuannya dalam bertahan akan menjadi kunci untuk meredam permainan Australia yang akan mengandalkan lebar lapangan dan umpan-umpan silang.

3. Muhammad Riyandi

Muhammad Riyandi pun tak ketinggalan dibawa Shin Tae-yong. Apalagi, penampilannya cukup baik saat mengisi pos penjaga gawang kala timnas senior Indonesia menghadapi Taiwan sebelumnya.

4. Muhammad Firli

Rekan Muhammad Riyandi di Barito Putera, Muhammad Firli, juga dibawa oleh Shin Tae-yong. Kendati tak turun di partai melawan Taiwan, ia sempat mengikuti TC tim senior. Kehadirannya diyakini akan membuat lini pertahanan Timnas U-23 kian solid.

5. Witan Sulaeman

Berbeda dengan Egy Maulana Vikri yang dilarang bergabung Timnas U-23 oleh klubnya, Witan Sulaeman mendapat restu untuk hadir membela Garuda Muda. Pengalamannya di level senior, termasuk saat melawan Taiwan, akan berguna nantinya kala menghadapi Australia.

6. Ramai Rumakiek

Sama seperti Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek menjadi salah satu nama yang menonjol di timnas senior kala berhadapan dengan Taiwan. Kecepatannya serta kelincahannya dalam menyisir lebar lapangan bisa menjadi kunci di laga melawan Australia nanti.

7. Gunansar Mandowen

Gunansar Mandowen sempat menjalani TC bersama timnas senior Indonesia jelang lawan Taiwan. Karenanya ia kembali dipanggil untuk mengikuti TC Timnas U-23 di Tajikistan.

8. Hanis Saghara

Di barisan penyerang ada nama Hanis Saghara yang tampil baik di BRI Liga 1 bersama Tira Persikabo 1973 sehingga sempat mengikuti  TC timnas senior. Selain itu, ia punya pengalaman di Timnas U-19 yang membuatnya bisa jadi andalan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 nanti.

9. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat pun menjadi salah satu pemain yang dipanggil Shin Tae-yong di timnas senior. Dengan pengalaman matang di level klub, ia kembali dipanggil untuk membela Timnas U-23 di Tajikistan.

10. Rachmat Irianto

Andalan Persebaya Surabaya ini memang tak mengikuti TC di Tajikistan. Namun ia akan bergabung dengan Timnas U-23 pada 17 Oktober mendatang. Penampilan apiknya saat melawan Taiwan diharapkan mampu ditularkan saat menghadapi Australia nanti.

11. Ernando Ari Sutaryadi

Kiper milik Persebaya Surabaya ini juga akan menjadi opsi di bawah mistar Timnas U-23 melawan Australia nanti. Namun, diyakini ia akan menjadi pelapis Riyandi yang tampil apik di tim senior.

12. Rizky Ridho

Masih dari Persebaya, ada nama Rizky Ridho yang juga dipanggil ke Timnas U-23. Ia akan menjadi salah satu opsi andalan di lini belakang untuk menghadapi gempuran Australia nanti.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More