Irwan Febri Rialdi
Pertandingan Timnas Indonesia vs Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021) malam WIB (dok. PSSI).

Bolatimes.com - Media Korea Selatan, Sport Khan, 'kepo' soal winger muda Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek. Sport Khan pun bertanya bagaimana Shin Tae-yong bisa menemukan sang pemain.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang menilai Ramai Rumakiek sebagai salah satu pilihan terbaiknya dalam pencarian pemain di Liga 1. Terbukti, sang pemain langsung mencetak gol ketika diberi kepercayaan.

Shin Tae-yong memilih Ramai setelah melihat performanya bersama Persipura di BRI Liga 1 2021/2022. Meski minim pengalaman tak membuat Shin Tae-yong ragu dengan kualitas yang dimiliki Ramai Rumakiek.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Sudah Tiba di Tajikistan, Langsung Gelar Latihan

Bahkan, Ramai Rumakiek langsung diberi debut saat Timnas Indonesia jumpa Taiwan pada play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 Oktober lalu sebagai starter. Di pertandingan pertamanya bersama tim nasional, ia bahkan mencetak gol membantu Timnas Indonesia menang, 2-1 di leg pertama.

Di leg kedua Ramai Rumakiek memang tidak tampil sejak menit awal. Namun, ia tetap dipercaya Shin Tae-yong turun sebagai pengganti.

"Rumakiek adalah pemain yang saya temukan di Liga 1 Indonesia. Saya memilihnya dan dia menjalani perannya dengan baik," kata Shin Tae-yong dikutip dari media Korsel, khan. Kamis (14/10/2021).

Baca Juga:
Tiga Bulan Gabung PSG, Sergio Ramos Masih Belum Bisa Debut

Selain Rumakiek, ada dua debutan lain yang mencuri perhatian di Timnas Indonesia. Mereka adalah Miftah Anwar Sani dan Ricky Kambuaya.

Miftah bisa memberikan satu assist untuk gol yang dibuat Rumakiek. Sementara Ricky berhasil ciptakan gol saat Timnas Indonesia menang 3-0 di leg kedua melawan Taiwan pada 11 Oktober lalu.

Shin Tae-yong mengaku kini lebih leluasa dalam memilih pemain-pemain pilihannya karena sudah adanya kompetisi. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala 2018 itu menyebut banyak talenta berbakat yang ditemukannya.

Baca Juga:
Ronaldo Merapat, Sosok Ini Minta Edinson Cavani Cabut dari Man United

"Liga yang sempat dihentikan karena pandemi Covid-19 telah kembali dilanjutkan. Kali ini kami melakukan observasi langsung dalam memilih pemain. Tidak direkomendasikan oleh asosiasi," terang Shin Tae-yong.

"Para pemain Indonesia, secara umum punya kemampuan yang sangat baik. Ada kemungkinan bisa berkembang dengan penambahan tekad dan detail-detail lainnya," pungkasnya.

(Suara.com/Adie Prasetyo)

Baca Juga:
Tak Disangka, 10 Pemain Ini Ternyata Pernah Masuk Nominasi Ballon d'Or

Load More