Rauhanda Riyantama
Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas (6) saat mengamankan bola dari pemain pemain Taiwan Hungwei Chen (13) pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8). (ANTARA/INASGOC/Charlie)

Timnas Indonesia sukses melaju ke babak utama Kualifikasi Piala Asia 2023 usai mengalahkan Taiwan dengan skor agregat 5-1. Kemenanggan tersebut ternyata memberikan memori manis buat dua penggawa timnas yakni Evan Dimas Darmono dan Irfan Samaling Kurning atau akrab disapa Irfan Jaya.

Laga lawan Taiwan jadi ajang nostalgia bagi Evan Dimas dan Irfan Jaya yang merupakan eks Asian games 2018. Dari 29 pemain yang dibawa oleh Shin Tae-yong pada babak play off kualifikasi Piala Asia 2023 ini, dua pemain merupakan alumnus skuat Asian Games yang diselenggarakan di Indonesia pada 2018 lalu.

Menyadur dari laman resmi federasi, pssi.org, baik Evan Dimas maupun Irfan Jaya, masuk dalam 20 daftar pemain Indonesia yang di bawa oleh pelatih Luis Milla ke ajang Asian Games 2018.

Baca Juga:
Jadwal dan Link Live Streaming PSIM Yogyakarta vs Persis Solo di Liga 2

Indonesia yang pada saat itu tergabung di grup A bersama dengan Palestina, Laos, Hongkong dan juga Taiwan, berhasil menjadi pemuncak grup dan melaju ke babak berikutnya.

Istimewanya, kala itu Indonesia berhasil mengandaskan perlawanan Taiwan yang menjadi lawan perdana mereka dengan skor telak 4-0 melalui dua gol Stefano Lilipaly, dan masing-masing sebuah gol dari Alberto Goncalves dan juga Muhammad Hargianto.

Khusus untuk laga melawan Taiwan, tampaknya hal tersebut menjadi momen manis tersendiri bagi Evan Dimas dan juga Irfan Jaya. Pasalnya, kedua pemain eks Timnas Asian Games 2018 tersebut kini juga menjadi bagian dari skuat Indonesia yang tengah berjuang untuk mendapatkan tempat di babak kualifikasi.

Baca Juga:
Sambut Istri Bos Rans Cilegon FC, Fadil Jaidi sampai Renovasi Rumah

Irfan Jaya yang pada Asian Games 2018 lalu menjadi starter, pada leg pertama lalu juga kembali dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk menjadi pengisi sebelas pertama timnas Indonesia.

Hasilnya memang belum terlalu kelihatan, karena para pemain Taiwan memperagakan skema parkir bus, sehingga ledakan ekspolisfitas dari Irfan Jaya yang bermain swing dari sayap kanan ke kiri belum terlalu kelihatan.

Berbeda dengan Irfan Jaya, Evan Dimas justru kembali membuat kenangan manis di laga melawan Taiwan. Jika di Asian Games 2018 lalu Evan Dimas tak mampu menciptakan gol meski bermain dengan apik di posisi deep lying playmaker, maka pada 7 Oktober 2021 lalu, Evan Dimas yang berposisi sebagai gelandang serang berhasil mencetak gol melalui akselerasinya di menit ke-51.

Baca Juga:
Sempat Cedera Panjang, Marc Marquez Ungkap Kondisi Terkininya

(Hernawan)

Load More