Arif Budi Setyanto
Presiden Joko Widodo (kanan) memberi salam saat tiba di lokasi Upacara Pembukaan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kompleks Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). [ANTARA FOTO/Nova Wahyudi]

Bolatimes.com - Presiden Indonesia Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi memberi kejutan dengan bermain bola di acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Menariknya, akurasi umpan Jokowi disebut lebih baik dari gelandang MU, Fred.

Pembukaan PON XX Papua berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Jayapura pada Sabtu (2/10/2021). Jokowi pun hadir dalam acara tersebut.

Dalam acara pembukaan tersebut pesepak bola legendaris asal Papua, Jack Komboy terlihat bermain dengan tiga orang anak. Mereka mengenakan jersey merah putih yang bertuliskan 'PON XX Papua'.

Baca Juga:
Rayakan Ulang Tahun, Zlatan Ibrahimovic Hamburkan Uang Rp7,7 Miliar

Di tengah momen itu, kemudian ada suara yang mengajak Jokowi untuk bermain bola bersama. Mendengar ajakan itu, Jokowi sontak beranjar dari tempat duduk VVIP dan bergabung menuju lapangan.

Ada sekitar tiga menit Presiden Jokowi bermain bola dengan Jack Komboy dan tiga anak Papua. Nah, aksi Jokowi pun disorot saat melakukan operan-operan kecil ketika bermain bola.

Momen Jokowi bermain sepak bola tersebut mendapatkan perhatian dari Pangeran Siahaan. Melalui akun Twitternya, Pangeran menuliskan bahwa Jokowi berhasil membuat 100 persen umpan sukses.

Baca Juga:
Deretan Pemain Termahal di Liga Malaysia, Ada yang Tembus Rp 6,95 Miliar

Bahkan, Pangeran tak sungkan menyebut Presiden Indonesia ini lebih baik daripada gelandang Manchester United, Fred.

Nah, pernyataan tersebut memang benar jika melihat dari sudut pandang umpan sukses semata. Menilik dari data Who Scored, Fred punya catatan umpan sukses sebesar 83,7 persen dari enam penampilannya di Liga Inggris sejauh musim ini.

Baca Juga:
5 Rekor Liga Spanyol yang Tak Bisa Dipecahkan Messi dan Ronaldo

Terlepas dari itu, sebanyak 7.066 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti PON XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021, dengan rincian atlet putra 4.176 orang dan atlet putri 2.890 orang.

Ketua Tim Keabsahan PON XX Papua Soedarmo menjelaskan atlet-atlet dari 34 provinsi itu berkompetisi dalam 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang, dan 679 nomor pertandingan.

Baca Juga:
Simak! Begini Cara Menentukan Tambahan Waktu untuk Masa Injury Time

Load More