Irwan Febri Rialdi
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai berhasil membobol gawang Thailand di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, UEA, Kamis (3/6/2021). (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah memilih 36 nama pemain yang akan dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan.

Daftar 36 nama pemain timnas Indonesia ini juga telah dirilis secara resmi oleh PSSI pada Sabtu (18/9/2021) yang lalu.

Menurut rencana, pemusatan latihan timnas Indonesia ini akan mulai digelar di Jakarta, Minggu (19/9/2021).

Baca Juga:
5 Pemain 'Kurang Terkenal' tapi Dipanggil Shin Tae-yong di TC Timnas

Dari seluruh nama yang dipanggil ini, Shin Tae-yong menggabungkan kombinasi pemain muda dengan sejumlah nama-nama pemain senior.

Sejumlah pemain muda yang mendapat kesempatan untuk mengikuti TC ini seperti, misalnya, Rizky Ridho (Persebaya), Feby Eka (Arema FC), Pratama Arhan (PSIS), Genta Alparedo (Semen Padang), Braif Fatari (Persija) dan lain-lain.

Sementara itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga memanggil sejumlah nama pemain yang telah berusia senior.

Baca Juga:
Dicap Legenda, 5 Pemain Ini Justru Pindah ke Klub Rival

Pemain-pemain senior yang dimaksud antara lain Victor Igbonefo (Persib), Evan Dimas (Bhayangkara FC), Kushedya Hari Yudo (Arema FC), Hendro Siswanto (Borneo FC), dan lain-lain.

Dari data yang dihimpun oleh Transfermarkt, 36 pemain yang dipanggil untuk TC kali ini memang didominasi pemain-pemain muda.

Sebab, rata-rata usia seluruh pemain yang dipanggil Shin Tae-yong hanya menyentuh angka 24,6 tahun.

Baca Juga:
Kisah Tragis Mario Jardel, Kariernya Hancur Setelah Dicerai Istri

Setidaknya, terdapat enam pemain muda yang masih berusia 19 tahun yang dipanggil pada pemusatan latihan kali ini.

Pemain terbaru di usia ini yakni Ramai Rumakiek, pemain sayap yang moncer bersama Persipura Jayapura di awal Liga 1 2021-2022.

Selain itu, pemain yang masuk kategori U-23 pada pemusatan latihan kali ini berjumlah 13 nama. 

Baca Juga:
Bertemu Tokoh Penting Korsel, Caption Asnawi Mangkualam Disorot

Sementara itu, pemain yang berusia lebih dari 30 tahun ada empat pemain. Selain Victor Igbonefo dan Hendro Siswanto, kedua pemain yang dimaksud ialah Fachruddin Aryanto dan Johan Alfarizi.

Adapun sisanya ada 13 pemain yang memasuki rentang usia 24-29 tahun yang mendapat panggilan.

Catatan menarik lainnya dari daftar 36 pemain ini ialah seluruhnya berkarier di kompetisi domestik, yakni Liga 1 dan Liga 2.

Sementara sederet pemain yang tengah berkarier di luar negeri justru tak mendapat panggilan oleh Shin Tae-yong maupun PSSI.

Setidaknya, ada beberapa nama pemain yang menjadi langganan timnas Indonesia yang tengah merumput di kompetisi luar negeri.

Mereka adalah Egy Maulana Vikri (FK Senica), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk), Elkan Baggott (Ipswich Town), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Takzim) dan lain-lain.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More