Irwan Febri Rialdi
Gelandang tengah Persija Jakarta, Marc Klok. [Laman resmi Persija Jakarta]

Bolatimes.com - Dalam sepak bola, perpindahan seorang pemain dari klub ke klub yang lain merupakan hal yang biasa terjadi. Kepindahan seorang pemain ke klub lain ini bertujuan untuk mencari pengalaman dan prestasi baru. Namun bagaimana jika seorang pemain itu didatangkan dari klub rival.

Perpindahan pemain sepak bola ke klub rival akan mengundang reaksi bagi para suporter. Rivalitas antar klub sepak bola wajar terjadi dan terkadang menimbulkan masalah dan perselisihan antar suporter.

Suporter tentunya akan merasa kehilangan pemain kebanggannya jika sang idola bergabung dengan klub rival. Bahkan sang pemain bisa aja dicap sebagai pengkhinat yang tidak loyal terhadap timnya.

Baca Juga:
Profil Barito Putera, Klub yang Lahir karena Nazar dan Berawal dari Tarkam

Terkait kepindahan pemain sepak bola ke klub rival, berikut ini adalah daftar pemain sepak bola Indonesia yang memutuskan untuk bergabung ke klub rival.

1. Atep Ahmad Rizal

Atep (Twitter/Galih)

Atep pernah memperkuat dua tim rival di Indonesia yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung. Ia mengawali karir bersama Persib Bandung pada tahun 2002 hingga memutuskan untuk hijrah ke Persija Jakarta pada tahun 2004.

Baca Juga:
Marc Klok Merapat ke Persib, Videonya Diserbu Netizen

2. Evan Dimas

Evan Dimas saat membela Timnas Indonesia di laga uji coba. (Dok. PSSI)

Evan Dimas merupakan salah satu pemain kebanggaan Persebaya Surabaya. Namun Bonek (julukan suporter Persebaya) kecea terhadap pilihan Evan Dimas yang memilih bergabung dengan Persija Jakarta pada tahun 2020 silam.

3. Ricky Kayame

Baca Juga:
Mengenal Lee Woon-Jae, Kiper Legendaris Korea Selatan yang Jadi Mualaf

Ricky Kayame. (Dok. LIB)

Ricky Kayame merupakan gelandang yang pernah memperkuat Persebaya Surabaya pada tahun 2017-2019. Ia berhasil tampil sebanyak 19 kali dengan mencetak 4 gol. Dirinya sering berada di bangku cadangan ketika bersama Persebaya, ia kemudian memutuskan untuk hijrah ke klub rival Arema FC.

4. Toni Sucipto

Bek Persib Bandung Toni Sucipto setelah menjalani latihan rutin di lapangan Arcamanik, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/9/2018). (Suara.com/Aminuddin)

Toni Sucipto merupakan bek yang pernah membela Persib Bandung. Sepanjang bermain bersama Persib Bandung, dirinya telah berhasil tampil sebanyak 168 pertandingan dengan torehan 4 gol. Namun ia memutuskan untuk berpindah ke Persija Jakarta karena ia tidak mendapatkan perpanjangan kontrak dari Persib Bandung.

Baca Juga:
BREAKING NEWS - Egy Maulana Vikri Resmi Tinggalkan Lechia Gdansk

6. Marc Klok

Gelandang tengah Persija Jakarta, Marc Klok. [Laman resmi Persija Jakarta]

Gelandang Marc Klok resmi bergabung dengan Persib Bandung. Sebelum membela Persib Bandung, Marc Klok membela tim rivalnya, Persija Jakarta. Marc Klok memutuskan untuk berpisah dengan Persija Jakarta setelah menjuarai turnamen pramusim Piala Menpora 2021. 

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat
Load More