Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy (kanan) memberikan instruksi kepada pemain timnas saat pemusatan latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Latihan tersebut sebagai persiapan jelang melawan Uni Emirat Arab di Stadion Al Maktoum, Dubai, pada 10 Oktober dalam ajang Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww)

Bolatimes.com - Sosok Simon McMenemy ternyata masih perhatian terhadap Timnas Indonesia. Eks pelatih tim Garuda itu baru-baru ini memberikan selamat atas poin perdana di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Simon McMenemy adalah pelatih yang membimbing langkah awal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada September 2019 lalu. Namun di bawah arahnnya, skuat Garuda hancur lebur dengan catatan empat kali kalah sehingga langsung dipecat.

Kala itu, Simon tak mampu mendongrak performa Timnas Indonesia hingga keok dari Malaysia (2-3), Thailand (0-3), UEA (5-0), dan Vietnam (1-3).

Baca Juga:
Kisah Kadek Agung, Bintang Timnas yang Nyaris Pensiun Akibat Kecelakaan

Selepas Simon dipecat, Yeyen Tumena selaku pelatih sementara juga gagal mendongrak performa skuad Garuda. Indonesia kembali kalah dari Malaysia dengan skor 0-2.

Timnas Indonesia baru menunjukan perbaikan saat kursi pelatih berpindah ke juru taktik asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Saat memainkan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia kontra Thailand, skuad Garuda tampil enerjik hingga menahan imbang dengan skor 2-2.

Meski telah dibuang oleh Timnas Indonesia, Simon McMenemy nyatanya tetap bangga dan senang saat Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan berhasil meraih poin perdana di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Pemain Manchester City Mendominasi Starting XI Terbaik Liga Inggris

"Sepakbola bisa menggerogoti Anda dan memuntahkan Anda, tetapi rasa hormat dan kehormatan tidak akan pernah bisa dilupakan, poin bagus yang diambil tadi malam," kata Simon dikutip dari akun Instagram resmi miliknya, Sabtu (5/6/2021).

"Ini menunjukkan apa yang bisa dilakukan ketika semua orang mendorong ke arah yang sama. Selamat kepada para pemain, staf, dan semua yang terlibat," pungkasnya.

Timnas Indonesia selanjutnya akan melawan dengan Vietnam di Stadion Al Maktoum, Dubai, UEA, Senin (7/6/2021). Setelah itu, skuad Garuda akan bersua UEA di laga pamungkas Grup G pada 11 Juni mendatang.

Baca Juga:
Jadwal Terlengkap Euro 2020, dari Jam Tayang hingga Siaran Langsungnya!

Sebagai informasi, peluang Indonesia lolos ke babak selanjutnya sudah tertutup. Tim Merah Putih untuk sementara menghuni dasar klasemen Grup G dengan raihan 1 poin dari enam pertandingan.

Load More