Rauhanda Riyantama
Dua pemain Timnas Indonesia U-22, Asnawi Mangkualam (kiri) dan Andy Setyo (kanan) meluapkan kekecewaan usai Vietnam mencetak gol pada laga cabang olahraga sepakbola Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia gagal mewujudkan mimpi di SEA Games 2019. Bertekad membawa pulang medali emas, tim besutan Indra Sjafri harus puas menerima medali perak setelah dibantai Vietnam di final, Selasa (10/12/2019).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, tim berjuluk Garuda Muda dipaksa menyerah dengan skor telak 3-0.

Jalannya pertandingan

Baca Juga:
Bikin Ceder Evan Dimas, Pemain Vietnam Ini Dihujat

Pertandingan sudah berjalan ketat sejak menit-menit awal babak pertema. Menit kelima Indonesia sudah mendapat peluang melalui tendangan bebas Zulfiandi. Sayang shooting keras Zulfiandi bisa ditepis oleh kiper Vietnam.

Hingga 10 menit pertandingan berjalan, Garuda Muda masih menguasai jalannya pertandingan. Osvaldo Haay dan kawan-kawan masih berusaha membongkar pertahanan lawan.

Memasuki menit ke-15, Vietnam gantian menekan pertahanan Pasukan Merah Putih. Beberapa kali mereka membahayakan gawang Nadeo Argawinata, meski belum berbuah gol.

Baca Juga:
Hasil Babak 1: Vietnam Unggul Satu Gol atas Indonesia

Timnas Indonesia mengalami kerugian pada menit ke-20 setelah Evan Dimas mengalami cedera setelah dilanggar keras oleh pemain Vietnam. Evan tidak bisa melanjutkan pertandingan sehingga diganti oleh Syahrian Abimanyu pada menit 25.

Belum ada peluang yang berbuah gol hingga pertandingan memasuki menit 30. Namun, sejauh ini Indonesia lebih banyak menguasai bola meski belum banyak ciptakan peluang.

Hilangnya Evan membuat permainan Indonesia sedikit berubah. Lini tengah Garuda Muda kehilangan sosok jenderal yang mengatur pola permainan.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 Vs Vietnam

Di menit ke-39, timnas Indonesia kebobolan melalu set piece. Memanfaatkan free kick, Doan Van Hau menyundul bola ke gawang Nadeo Argawinta, tanpa adanya pengawalan berarti dari pemain Indonesia. Skor 1-0 untuk Vietnam.

Tertinggal 0-1, Indonesia mencoba bangkit. Tekanan yang dilancarkan menelurkan beberapa peluang, namun gagal dimaksimalkan menjadi gol. Skor 0-1 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga turun minum.

Kehilangan sosok playmaker seperti Evan Dimas, pelatih Indra Sjafri pun melakukan perubahan strategi. Witan yang kurang menonjol di babak pertama ditarik keluar, digantikan oleh Egy Maulana Vikri.

Namun kehadiran Egy tak mampu membawa perubahan. Lini depan Garuda Muda tak kunjung tajam. Sementara Vietnam melakukan pressing ketat, tidak seperti di babak pertama, sehingga para pemain Indonesia semakin sulit mengembangkan permainan.

Strategi Vietnam terbilang berhasil. Hingga menit ke-55, Osvaldo Haay dan kawan-kawan dibuat kesulitan menembus pertahanan Vietnam.

Unggul 1-0 membuat Vietnam bermain menunggu pemain Indonesia melakukan kesalahan. Serangan balik yang dilakukan Vietnam sangat membahayakan gawang Nadeo. Di menit 59, strategi tersebut kembali membuahkan hasil.

Menusuk dari pinggir lapangan, pemain Vietnam melepaskan umpan menusuk ke tengah lapangan. Do Hung Dung yang dituju melepaskan tendangan keras ke pojok gawang yang tak mampu diblok oleh Nadeo. Skor 0-2 untuk keunggulan Vietnam.

Tertinggal 0-2, Indonesia terus menyerang dan mulai bisa membongkar pertahanan lawan. Masuknya Muhammad Rafli jadi tenaga baru di lini depan Pasukan Merah Putih.

Memasuki menit 70, Indonesia belum juga bisa menjebol gawang Vietnam yang bermain sangat baik dalam transisi menyerang ke bertahan maupun bertahan ke menyerang.

Hal itu kembali ditunjukkan di menit 73. Lagi-lagi set piece jadi penyebabnya. Doan Van Hau kembali mencatatkan namanya di papan skor menjadi 3-0.

Indonesia masih terus berusaha menciptakan gol. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menekan pertahanan Vietnam hingga menit 85.

Namun, hingga pertandingan berakhir tidak ada lagi gol tercipta. Indonesia harus menerima kenyataan pahit, tumbang dengan tiga gol tanpa balas di partai puncak.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-22 (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Bagas Adi, Andy Setyo, Firza Andika; Evan Dimas (Syahrian Abimanyu 25'), Zulfiandi, Sani Rizki (Muhammad Rafli 63'); Witan Sulaeman (Egy Maulana Vikri 46'), Saddil Ramdani, Osvaldo Haay

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Vietnam U-22 (4-4-2): Nguyen Van Toan; Huyn Tanh Sinh, Ho Tan Tai, Doan Van Hau, Nguyen Thanh Chung; Nguyen Trong Huang, Nguyen Hoang Duc, Do Hung Dung, Nguyen Duc Chin; Ha Duc Chinh (Truong Van Thai Quy 70'), Nguyen Tien Linh

Pelatih: Park Hang-seo

Load More