Rauhanda Riyantama
Para pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan gol penyerang Osvaldo Haay (kedua kanan) ke gawang Brunei Darussalam dalam pertandingan Grup B cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019 di Stadion Binan Football, Laguna, Filipina, Selasa (3/12/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Bolatimes.com - Grup B SEA Games 2019 masih belum bisa dipastikan dua tim mana yang bakal melaju ke semifinal. Persaingan di Grup B ini terbilang cukup ketat karena Vietnam, Indonesia, dan Thailand masih berpeluang lolos.

Hingga pertandingan keempat, Vietnam masih jadi pemuncak klasemen Grup B dengan torehan 12 poin. Timnas Indonesia U-22 ada di peringkat kedua dengan sembilan poin.

Disusul oleh Thailand di ranking tiga dengan poin serupa. Indonesia bisa mengungguli Thailand karena menang selisih gol.

Baca Juga:
MU, Chelsea, dan Liverpool Menang, Ini Hasil Lengkap Liga Inggris Semalam

Tentunya, pertandingan pamungkas yang akan berlangsung, Kamis (5/12/2019) akan jadi penentunya. Di mana Indonesia melawan Laos, sementara Vietnam akan saling bunuh dengan Thailand.

Pemain Timnas U-22 Indonesia Egy Maulana Vikri (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Thailand dalam penyisihan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (26/11/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

Lantas bagaimana cara agar timnas Indonesia U-22 melaju ke semifinal?

Sejatinya, Indonesia hanya butuh hasil lebih baik dari yang didapatkan oleh Thailand di laga pamungkas.

Baca Juga:
Tanggapan Waketum PSSI Soal Isu Incar Ruud Gullit

Jika Thailand dikalahkan oleh Vietnam, Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk ke semifinal. Jika Thailand seri, Indonesia wajib mengalahkan Laos.

Lalu bagaimana jika nantinya Thailand mengalahkan Vietnam? Tentu Indonesia juga harus harus menang melawan Laos, namun dengan gol lebih banyak dari yang didapatkan Thailand.

Sebagai contoh, Thailand mengalahkan Vietnam 1-0. Indonesia harus menang 1-0 atau lebih melawan Laos. Ini dikarenakan Indonesia unggul selisih satu gol dari Thailand.

Baca Juga:
Dicukur Bhayangkara FC, Ini Posisi Persija Jakarta di Klasemen Liga 1 2019

Indonesia juga masih berpeluang menjadi Grup B SEA Games 2019. Tentu, syarat utamanya adalah Vietnam kalah dari Thailand dan Indonesia menang atas Laos.

Ketiga tim akan memiliki 12 poin dari lima pertandingan. Indonesia akan lolos sebagai juara grup jika jumlah gol yang dibuat dari pertandingan melawan Laos lebih banyak dari Vietnam dan Thailand.

Tentu posisi Indonesia juga belum aman. Garuda Muda bisa tidak lolos jika dikalahkan oleh Laos. Vietnam dan Thailand hanya butuh hasil imbang untuk lolos bersama.

Kemungkinan lain juga bisa terjadi. Yaitu Indonesia kalah dari Laos, sementara Thailand mampu kalahkan Vietnam.

Klasemen sementara Grup B:

1. Vietnam, 4 main, 12 poin (selisih gol +13)
2. Indonesia, 4 main, 9 poin (+11)
3. Thailand, 4 main, 9 poin (+10)
4. Laos, 4 main, 4 poin (-4)
5. Singapura, 4 main, 1 poin (-6)
6. Brunei Darussalam, 4 main, 0 poin (-24)

Load More