Jum'at, 15 November 2019
Galih Priatmojo : Rabu, 06 November 2019 | 21:06 WIB

Bolatimes.com - Persib Bandung mampu mengamankan tiga poin di kandang saat menjamu PSIS Semarang pada laga pekan pekan ke-27 Liga 1 2019.

Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (6/11/2019) malam, Persib menang dengan skor 2-1 atas PSIS.

Persib unggul cepat 1-0 pada menit kesembilan usai sang striker andalan, Ezechiel N'Douassel masuk score sheet.

Meski demikian, PSIS menjadi lawan yang alot bagi Persib kali ini. Tim tamu berhasil menyamankan skor pada menit ke-53 lewat gol Bruno SIlva.

Beruntung, gol Febri Hariyadi pada menit ke-73 via titik putih memastikan raihan poin penuh bagi Persib Bandung pada laga kali ini.

Dengan kemenangan ini, Persib kini menempati peringkat kedelapan klasemen sementara Liga 1 2019 dengan torehan 37 poin dari 26 pertandingan.

Sementara itu, PSIS tertahan di peringkat ke-13 dengan raihan 28 poin dari 26 laga.

Jalannya Pertandingan

Di awal-awal laga, Persib langsung dikejutkan sundulan penyerang PSIS pada menit ketiga. Namun bola masih mengarah ke atas mistar gawang Persib kawalan I Made Wirawan.

Di menit ke-10, Ezechiel berhasil membuka keunggulan Persib dengan sepakan cantik ke pojok kiri gawang PSIS yang dijaga kiper Joko Ribowo. Gol pertama Persib ini bermula dari umpan yang dilancarkan Ardi Idrus.

Tak berselang lama, penyerang yang akrab disapa Eze itu kembali mendapat umpan dari Omid Nazari. Namun, Eze kali ini tidak berhasil mengontrol bola sehingga tidak leluasa untuk melakukan eksekusi akhir.

Peluang yang cukup berbahaya kembali didapatkan Persib pada menit ke-19. Sundulan berbahaya Eze kali ini melenceng hanya berjarak beberapa jengkal dari tiang kiri gawang PSIS.

Sedangkan PSIS hingga pertengahan babak pertama tidak banyak mendapat peluang untuk mencetak gol.

Persib sendiri memang terlihat cukup mengandalkan sektor sayap untuk melakukan penetrasi ke pertahanan PSIS.

Terbukti, peluang-peluang yang didapat Persib berasal dari kaki para pemain sayap mereka seperti Febri Haryadi atau Ardi Idrus. Mereka cukup agresif dalam mengantarkan bola menuju kaki Eze atau Kevin Van Kippersluis.

Laga sendiri sempat terhenti pada menit ke-28 lantaran Kevin tersungkur di lapangan. Well, durasi Kevin di lapangan akhirnya tidak berlangsung lama, ia langsung digantikan oleh Esteban Vizcarra.

Kevin diduga mengalami cedera hingga harus mengakhiri pertandingan secara prematur.

Menuju akhir babak pertama, PSIS beberapa kali mencoba menekan pertahanan Persib. Namun, penguasaan bola dari PSIS selalu berhasil dikacaukan para penggawa Persib.

Pada menit ke-38, PSIS berhasil membahayakan gawang I Made. Publik tuan rumah sempat terkejut saat sundulan pemain PSIS hampir berbuah gol.

Laga babak pertama pun akhirnya berakhir, Persib unggul 1-0 atas PSIS saat half-time.

Memasuki babak kedua, Persib langsung menebar ancaman, hanya semenit setelah restart.

Febri Haryadi melepaskan tendangan bebas dari sisi kanan. Eksekusi kaki kirinya mengarah ke tiang dekat, namun bola masih bisa diamankan oleh Joko Ribowo.

Saat asyik menyerang, Persib kecolongan gol PSIS pada menit ke-53.

Tak terkawal saat menerima umpan lambung jauh, Bruno Silva hanya sekali menyentuh bola sebelum melakukan turn untuk melepaskan tendangan dari luar kotak yang bersarang di sudut kiri atas gawang Persib. 1-1!

Setelah kedudukan sama kuat, tendangan bebas Supardi pada menit ke-62 menghadirkan kemelut di muka gawang PSIS. Namun, bola akhirnya masih bisa diamankan pemain belakang PSIS.

Persib sendiri mendapatkan penalti pada menit ke-71 pasca Fredyan Wahyu mendorong N'Douassel.

Febri yang maju sebagai algojo penalti menjalankan tugasnya dengan sempurna. Bola diarahkan ke kanan gawang PSIS dan tak mampu dibaca oleh kiper Joko.

Memasuki menit ke-78, Made Wirawan melakukan penyelamatan bagus. Ia menghentikan tembakan penggawa PSIS, Claudir Marini dari sisi kanan.

Empat menit jelang waktu normal berakhir, PSIS punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan.

Sayang, sundulan Bayu Nugroho setelah menerima umpan Septian David tipis saja melebar dari gawang Persib.

Hingga laga rampung, Persib mampu mempertahankan keunggulan 2-1 mereka atas PSIS.

Susunan Pemain

Persib Bandung XI: Made Wirawan; Supardi, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Ardi Idrus; Omid Nazari, Abdul Aziz, Febri Haryadi, Frets Butuan; Kevin van Kippersluis, Ezechiel N'Douassel.

PSIS Semarang XI: Joko Ribowo; Frendi Saputra, Wallace Costa, Safrudin Tahar, Fredyan Wahyu; Septian David, Jonathan Cantillana, Finky Pasamba; Claudir Marini, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva.