Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Kandidat pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. [ROMAN KRUCHININ / AFP]

Bolatimes.com - Sesaat setelah Mochamad Iriawan terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023, muncul sosok pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Namanya digadang bakal jadi pengganti Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule berencana akan memecat Simon McMenemy dari kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Sebagai gantinya, dua nama yang direncanakan adalah Luis Milla dan Shin Tae-yong.

Luis Milla tentu sudah akrab di telingan pecinta sepak bola Indonesia. Ia penah menangani skuat Garuda di Asian Games 2018. Ia juga menjadi sosok yang dinanti-nanti oleh sebagian besar suporter Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Taklukkan Tira-Persikabo, Ini Posisi Terbaru Persija di Klasemen Liga 1

Namun, siapa Shin Tae-yong? Pelatih asal Korea Selatan ini kurang familiar di telinga suporter Tanah Air karena kiprahnya yang belum menyentuh Asia Tenggara.

Walau begitu, Shin Tae-yong ternyata sosok pelatih yang berkualitas. Berikut bolatimes.com merangkung fakta-fakta yang perlu diketahui dari berbagai sumber.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan, Shin Tae-yong. (Johannes Eisele/AFP).

1. Shin Tae-yong adalah pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Namun, karena gagal melewati fase grup, ia mundur dari kursi kepelatihan Taeguk Warriors.

Baca Juga:
Liu Cheng Banting Raket Usai Kalah dari Juniornya, Netizen: Iiih Serem

2. Shin Tae-yong pernah membawa Timnas Korea Selatan U-23 melaju ke final Piala Asia U-23 2016. Sayangnya, ia tidak mampu memberikan gelar juara setelah tumbang 2-3 dari Jepang.

3. Shin Tae-yong juga pernah membawa Timnas Korea Selatan U-23 melaju hingga babak delapan besar Olimpiade Rio 2016. Langkahnya terhenti usai Korea Selatan kalah tipis 0-1 dari Honduras.

Shin Tae-yong memiliki pengalaman yang cukup mengesankan untuk menjadi kandidat pelatih Timnas Indonesia. Jika ini terjadi, pelatih 50 tahun itu akan menjadi pelatih skuat Garuda pertama dari Asia.

Baca Juga:
Jurgen Klopp Heran Ketiak Firmino Bisa Offside

Load More