Galih Priatmojo
Bek andalan Persija Jakarta, Xandao (tengah). [ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah]

Bolatimes.com - Kemenangan penting diraih Persija Jakarta saat menjamu Tira-Persikabo pada pertandingan pekan ke-26 Liga 1 2019. Bermain kandang di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (3/11/2019) sore, Macan Kemayoran menundukkan tamunya dengan dua gol tanpa balas.

Bek Xandao dan penyerang Marko Simic masuk score sheet untuk Persija di partai ini, sebagaimana kedua gol tercipta di babak kedua.

Xandao mencetak golnya lewat kepada pada menit ke-52, dan Simic juga merobek jala gawang Tira-Persikabo via tandukan 20 menit berselang. 

Baca Juga:
Liu Cheng Banting Raket Usai Kalah dari Juniornya, Netizen: Iiih Serem

Kemenangan ini sendiri jelas sangat penting bagi Persija. Macan Kemayoran --julukan Persija-- naik ke peringkat ke-14 klasemen sementara dengan raihan 27 poin dari 24 pertandingan.

Sementara bagi Tira-Persikabo, kekalahan ini memperpanjang tren buruk mereka di Liga 1 2019. Laskar Padjajaran --julukan Tira-Persikabo-- kini belum merasakan kemenangan dalam 11 pertandingan pamungkas mereka di liga.

Tim asuhan Rahmad Darmawan pun melorot ke peringkat ketujuh klasemen sementara Liga 1 2019 dengan koleksi 37 poin dari 26 laga.

Baca Juga:
Jurgen Klopp Heran Ketiak Firmino Bisa Offside

Jalannya Pertandingan 

Persija selaku tuan rumah sudah tampil menekan menekan sejak pertandingan dimulai. Tira-Persikabo praktis hanya terfokus untuk menahan serangan-serangan Marko Simic dan kawan-kawan. 

Peluang demi peluang didapat oleh Macan Kemayoran. Sayang, tim asuhan Edson Tavares kesulitan untuk mencetak gol. Barisan pertahanan Tira-Persikabo bermain sangat disiplin dan terorganisir. 

Baca Juga:
Pep Guardiola Tuding Sadio Mane Tukang Diving

Tira-Persikabo sesekali juga mendapat peluang dengan memanfaatkan serangan balik. Sayang, peluang yang didapatkan oleh Ciro Alves dan kawan-kawan selalu mudah dipatahkan.

Hingga menit ke-30, Persija masih mendominasi laga namun belum juga bisa membuka keunggulan. Para pemain Persija sering melakukan salah passing di final third yang membuat peluang terbuang percuma. 

Hasil 0-0 pun tetap bertahan hingga pertandingan babak pertama selesai. 

Baca Juga:
Frank Lampard berhasil Sentuh Rekor Separuh Abad Milik Bobby Campbell

Memasuki paruh kedua, Persija masih tampil mendominasi. Alhasil, mereka akhirnya bisa membuka keunggulan pada menit ke-52 setelah Xandao mencatatkan namanya di papan skor. 

Memanfaatkan umpan silang Heri Susanto, Xandao yang terkawal dengan mudah menyundul bola dengan keras. Bola yang meluncur deras tak bisa diantisipasi kiper Tira-Persikabo, Angga Saputa. Persija sementara unggul 1-0.

Masuknya Riko Simanjuntak menggantikan Joan Tomas membuat daya ledak Persija kian eksplosif. Kelincahan Riko membuat para pemain Tira-Persikabo kesulitan. 

Persija sendiri menambah keunggulan mereka pada menit ke-72. Lagi-lagi Heri Susanto berkontribusi besar untuk gol Persija, yang kali ini dibukukan Simic. 

Melakukan aksi individu dari sisi kiri, Heri menusuk ke kotak penalti Tira-Persikabo dan melakukan cut-back. Bola yang melambung dengan pelan namun terarah ke tengah kotak penalti pun langsung disambar tandukan Simic. Persija unggul 2-0,

Pasca unggul 2-0, Persija terlihat mengendurkan serangan. Namun, mereka tetap menjaga lini pertahanan dengan sangat baik. 

Menit ke-82, Tira-Persikabo sejatinya punya peluang untuk memperkecil ketertinggalan lewat tendangan penalti. Sayang, Ciro Alves yang maju sebagai eksekutor gagal menunaikan tugasnya dengan baik.

Sepakan Ciro mampu diblok kiper andalan sekaligus kapten Persija, Andritany Ardhiyasa.

Alhasil hingga pertandingan berakhir, skor 2-0 untuk keunggulan Persija tetap bertahan. 

Susunan Pemain 

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Tony Sucipto, Xandao, Fachruddin Aryanto, Novri Setiawan; Ryuji Utomo, Joan Tomas,  Rohit Chand; Rachmad Hidayat, Marko Simic; Heri Susanto

Pelatih: Edson Tavares

Tira-Persikabo (4-3-3): Angga Saputro; Khurshed Beknazarov, Mountala Zoubairou Garba, Muhammad Abduh Lestaluhu, Muhammad Rifad Marasabessy; Parfait Louis, Guntur Triaji, Roni Sugeng; Ciro Alves, Osas Saha, Wawan Febriyanto

Pelatih: Rahmad Darmawan

Load More