Galih Priatmojo
Pemain Persija Jakarta Rizki Ramdani Lestaluhu melakukan selebrasi usai mencetak gol saat melawan Persela Lamongan dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/11/2018). Persija Jakarta mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 3-0. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Bolatimes.com - Persija Jakarta secara mengejutkan takluk dari tamunya, Semen Padang pada laga tunda pekan ke-10 Liga 1 2019, Rabu (16/10/2019). Ini menjadi debut nan buruk bagi pelatih Edson Tavares.

Tak ayal, sorotan tajam pun kembali mengarah ke Persija. Apalagi, Tavares merupakan pelatih ketiga yang menukangi Tim Macan Kemayoran di musim 2019 ini.

Dua pelatih sebelumnya, Ivan Kolev dan Julio Banuelos telah dipecat oleh manajemen tim. Mereka dianggap gagal mengangkat performa Marko SImic dan kolega. 

Baca Juga:
Persebaya Dapat Dua Keuntungan Jelang Hadapi Persib Bandung di Bali

Gelandang Persija, Ramdani Lestaluhu pun menanggapi gonta-ganti pelatih yang dilakukan oleh timnya tersebut.

Menurut Ramdani, sederet hasil minor yang dipetik Persija di Liga 1 2019 bukan sepenuhnya kesalahan pelatih. Ia justru menyoroti mentalitas para pemain.

"Sudah tiga kali ganti pelatih, tapi hasilnya tetap sama. Main bagus tapi kalah kalah juga, saya rasa mental pemain yang harus diubah. Harus bangkit," tutur Ramdani.

Baca Juga:
Gara-gara Cedera, Sanchez Dikabarkan Absen Bela Inter Hingga 2020

Ramdani menyebut sudah saatnya seluruh elemen yang ada di Persija harus instropeksi diri, terlebih para pemain.

"Kalau bicara pelatih kan kuncinya tetap pada pemain yang turun di lapangan. Mungkin kita yang harus lebih kerja keras lagi. Hasil-hasil buruk ini tidak sepenuhnya kesalahan pelatih, tidak seperti itu," celoteh pemain berusia 27 tahun itu. 

Berstatus juara bertahan kompetisi, performa Persija praktis menukik tajam pada musim ini.

Baca Juga:
Menang Telak, PSM Makassar Sikat Arema FC 6-2

Setelah menelan kekalahan memalukan dari Semen Padang di kandang sendiri, Tim Macan Kemayoran kembali terperosok ke zona degradasi klasemen sementara Liga 1 2019.

Baru mengumpulkan 20 poin dari 20 laga, Persija saat ini terdampar di peringkat ke-16 papan klasemen.

Baca Juga:
Fakta Unik di Balik Laga Bersejarah antara Korea Utara Vs Korea Selatan

Load More