Rauhanda Riyantama
Direktur Program Garuda Select yang juga legenda Chelsea. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Legenda Chelsea, Dennis Wise, membantah anggapan bahwa para pesepak bola harus berpostur tinggi jika ingin berhasil dalam kariernya. Menurutnya, yang menjadi kunci keberhasilan adalah kerja keras.

"Pemain bertubuh tinggi itu hanya untuk beberapa posisi saja yaitu bek tengah dan kiper. Selainnya tidak perlu," kata Wise di Kedubes Inggris untuk Indonesia di Jakarta.

Menurut pria yang saat ini menjabat direktur program Garuda Select ini, perbedaan postur pemain di sebuah tim justru memberikan warna tersendiri.

Baca Juga:
Resmi Pensiun, Ini Catatan Rekor dan Perjalanan Karier Schweinsteiger

Dia mencontohkan dirinya sendiri yang bertinggi badan 1,68 meter, namun dipercaya menjadi jenderal lapangan tengah Chelsea dari 1990 sampai 2001 dan mencatatkan lebih dari 20 pertandingan bersama tim nasional Inggris.

Sebab itu, pria berusia 52 tahun itu menegaskan bahwa sepak bola bukan soal postur, tetapi lebih kepada bagaimana mengeluarkan kemampuan terbaik pesepak bola.

Hal itulah yang diterapkannya ketika menangani Garuda Select, tim yang dibentuk oleh PSSI sebagai bagian dari program pengembangan pemain muda.

Baca Juga:
PSSI Legowo Didenda Ratusan Juta oleh FIFA

"Kami akan mencari di posisi mana mereka bisa mengeluarkan potensi terbaik,” kata pemain terbaik Chelsea musim 1997-1998 dan 1999-2000 ini seperti dikutip dari Suara.com.

Dennis Wise sendiri sudah menangani Garuda Select sebagai direktur program sejak Januari 2019. Saat ini dia menangani Garuda Select tahap kedua yang berlangsung selama sekitar lima bulan mulai Oktober 2019 di Inggris dan Italia.

Baca Juga:
Eks Juru Taktik Fiorentina Disebut Jadi Pengganti Giampaolo di AC Milan

Load More