Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini (kiri) memberikan arahan saat seleksi di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (25/4/2019). [Antara/Risky Andrianto]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 akan segera bertolak ke Vietnam untuk mengikuti gelaran Piala AFF U-18 2019 yang dihelar pada 6-19 Agustus mendatang. Rencananya, skuat Garuda Nusantara akan berangkat pada 2 Agustus.

Namu jelang keberangkatan, pelatih Fakhri Husaini justru memiliki kekhawatiran. Sebab, pasukannya belum teruji sama sekali meski dalam beberapa pertandingan uji coba, meski Bagus Kahfi dan kolega selalu berhasil memenangi pertandingan.

Fakhri Husaini menilai lawan-lawan yang dihadapi tidak selevel dengan Timnas Indonesia U-19. Garuda Nusantara tidak terkalahkan dalam tiga pertandingan saat menjalani tur di Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca Juga:
Lanjutkan Tren Positif, Liverpool Kalahkan Lyon di Laga Terakhir Pramusim

Teranyar, timnas U-19 berhasil mengalahkan tim Liga 3, Persikasi dengan skor 2-0. Pertandingan tersebut digelar kemarin, Selasa (30/7/2019).

"Sekali lagi kami sampaikan jika kami kurang mendapat tekanan. Yang saya harapkan dalam laga-laga uji coba, pemain kami mendapat tekanan berarti dari tim lawan. Tapi kita tidak dapatkan itu," kata Fakhri Husaini.

"Jadi tim ini masih belum teruji, karena sampai sejauh ini lawan-lawan yang kami hadapi memang kurang memberikan tekanan," tuturnya menambahkan.

Baca Juga:
Bima Sakti Tetap Bersyukur meski Timor Leste Batalkan Kemenangan Indonesia

"Tapi kondisinya memang saya harus terima itu, karena kami tidak mendapat lawan selevel. Sampai mendekati keberangkatan, kami belum mendapatkan juga lawan seimbang," tandas eks pelatih timnas U-16 itu. 

Kendati demikian, Fakhri Husaini menegaskan jika Timnas Indonesia U-19 tidak akan lagi menggelar pertandingan uji coba. Baginya, waktu sudah tidak memungkinkan lagi. 

"Sekarang sudah tidak mungkin lagi kami menjalani uji coba. Waktu kami sudah tinggal beberapa hari lagi untuk berangkat ke Vietnam," paparnya. 

Baca Juga:
Permalukan Madura United, PSS Sleman Meroket ke Lima Besar Klasemen Liga 1

Saat ini, skuat Timnas Indonesia U-19 diisi oleh 26 pemain yang sebagian besar merupakan alumni timnas U-16. Namun, Fakhri Husaini harus mencoret tiga pemain karena skuat akhir sebuah tim di ajang Piala AFF U-18 2019 hanya boleh berisikan 23 pemain. 

"Akan saya umumkan 23 nama yang akan kami bawa ke Vietnam," pungkas Fakhri. 

Untuk Piala AFF U-18 2019, Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A. Skuat Merah Putih akan menghadapi Laos, Timor Leste, Filipina, Myanmar, dan Brunei Darussalam.

Load More