Rauhanda Riyantama
Komjen Pol M. Iriawan saat ditemui di acara diskusi 'Ngobrol Bareng Bang Iwan Bule' bersama voter PSSI di kawasan Jakarta. (Suara.com/Adie Prasetyo)

Bolatimes.com - Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Komjen Pol M. Iriawan atau yang dikenal dengan sebutan Iwan Bule, semakin serius untuk maju sebagai calon ketua umum PSSI periode 2020-2024. Ia melanjutkan programnya berdiskusi dengan voter atau pemilik suara PSSI di Jakarta, Rabu (17/7/2019) malam.

Sebelumnya, diskusi serupa sudah dilakukan olehnya di Surabaya. Diskusi bertajuk 'Ngobrol Bareng Bang Iwan Bule' di Jakarta dihadiri sejumlah voter.

Beberapa yang hadir antara lain Asprov Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, dan Papua Barat.

Baca Juga:
Bek Tottenham Hotspur Ini Dilepas ke Atletico Madrid dengan Bandrol Segini

Untuk klub yang tampak hadir ialah Persewar Waropen, PSM Makassar, Persiwa Wamena, dan PSBS Biak. Untuk Asprov dan klub yang tak hadir ialah Sulawesi Utara, Papua, Persipura Jayapura , dan Celebes FC.

Dalam paparannya, Iwan menawarkan program yang cukup menarik. Salah satunya program menuju ke Piala Dunia 2026.

Membentuk Timnas Indonesia yang berkualitas, kata dia, harus dibarengi dengan program pembinaan yang tepat. Iwan memiliki cetak biru pembinaan sepak bola Indonesia yang cukup menarik, dengan berorientasi cara negara-negara yang maju sepak bolanya.

Baca Juga:
Lionel Messi Diminta Buat Permohonan Maaf kepada Conmebol

"Negara kita memiliki potensi yang luar biasa, ada program usia muda nantinya, yang berorientasi untuk belajar di luar, mengikuti kompetisi di luar, dan tersebar ke negara papan atas sepak bola dunia," kata Iwan Bule.

"2020 kita mulai modernisasi program pembinaan, 2021 menggapai juara Asia Tenggara, 2022 mencapai top 10 Asia. Kemudian 2023 mencapai juara Asia dan lolos ke Piala Dunia 2026," terangnya.

Jika terpilih nanti, mantan Kapolda Metro Jaya ini ingin membuat home base khusus Timnas Indonesia dan juga PSSI. Ia sudah menyiapkan lahan 30 hektar yang berada di kawasan Jabodetabek.

Baca Juga:
Tontowi/Winny ke Babak Kedua Indonesia Open Usai Tekuk Wakil India

Kawasan itu akan dibangun stadion mini dengan kapasitas 20 ribu penonton. Selain itu, empat lapangan latihan standar internasional juga bakal dibuatnya.

"Kami akan membangun dan mengelola home base PSSI, seperti tanah dan lapangan fasilitas sendiri, mencapai 30 hektare," Iwan menambahkan.

"Kami juga ingin membangun satu unit kantor PSSI dengan dilengkapi fasilitas sport science," tegasnya.

Iwan mengaku hal yang diinginkan ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, dengan bantuan dari berbagai pihak, ia siap mewakafkan dirinya demi kemajuan sepak bola Indonesia.

"Saya siap mewakafkan diri saya untuk sepak bola tentunya harus dibantu seluruh stake holder dan berisnergi dengan pemerintah. Kita juga patut bangga presiden kita perhatian dengan sepak bola kemarin dia dapat baju dari presiden Argentina yang artinya itu pesan buat kita bahwa sepak bola kita harus maju. Sehingga kami akan terus bersinergi dengan pemerintah tanpa pemerintah kita berat," pungkasnya.

Load More