Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)

Bolatimes.com - Erick Thohir secara resmi menjadi anggota International Olympic Commitee (IOC) yang mewakili Indonesia pada sidang IOC ke-134 yang diselenggarakan Senin-Rabu (24-26/6/2019) di Laussane, Swiss. Prestasinya tersebut mendapat reaksi positif dari netizen.

Nama Erick Thohir sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Keberhasilannya memimpin gelaran Asian Games 2018 lalu, menjadi awal kiprahnya melejit di panggung olahraga internasional.

Sebelumnya, IOC Executive Board mengusulkan 11 nama anggota barunya di tahun 2019, termasuk perwakilan dari Indonesia Erick Thohir.

Baca Juga:
Lepas dari Inter Milan, Erick Thohir Jadi Bos Baru Klub Inggris

Lebih dari satu dekade tak ada perwakilan dari Indoneisa di IOC. Erick Thohir merupakan orang Indonesia pertama dalam 12 tahun terakhir yang menjadi anggota IOC.

Melalui salah satu akun jejaring sosial Instagram @triawanmunaf, pemilik saham di salah satu klub bola MLS, DC United ini, disebut pada sidang IOC menjadi perwakilan Indonesia di organisasi olahraga internasional itu.

Baca Juga:
Pemuda Ini Gantikan Peran Erick Thohir Sebagai Presiden Inter

"Bangga kami memiliki mu Mr. Thohir," kata akun @debbykarnelly.

"Selamat dan sukses untuk pak Erick. Alhamdulilah," tulis akun @gatot_s_dewa_broto.

"Selamat atas pencapaiannya pak Erick Thohir, kami mencintaimu," ungkap @soniadeboraa.

Sementara itu, akun @lensaimajiner menilai, pencapaian Erick Thohir sangat baik tanpa harus membuat hoax demi jabatan. "orang-orang di sana masih sibuk meng-oax demi jabatan. Kalian diam dan berkoar lewat prestasi. Salut!,".

Menjadi anggota IOC, Thohir memiliki tugas untuk mempromosikan kepentingan IOC dan gerakan olimpiade di Indonesia. Dia juga harus menetapkan nomor event di seluruh olimpiade dan menetapkan tuan rumah Olimpiade musim panas dan musim dingin.

Tak hanya sendiri Thohir, 10 anggota IOC baru dari negara lain juga ditetapkan di tahun ini, antara lain, Giovanno Malago (Italia), Odette Assembe Engoulou (Kamerun), Filomena Fortes (Tanjung Verde), Matlohang Moila-Ramoqopo (Leshoto), Tidjane Thiam (Ivory Coast), Laura Chinchilla (Kroasia), Spyros Capralos (Yunani). Mustapha Berraf (Algeria), Narinder Dhruv Batra (India) serta, Kee Heung Lee (Korsel).

Load More