Rauhanda Riyantama
Aksi pemain Timnas Indoensia U-23 saat melawan Timnas Thailand U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. (Dok: pssi.org)

Bolatimes.com - Bakal menghadapi Vietnam pada partai kedua Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Indra Sjafri fokus membenahi mental para pemainnya. Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Minggu (23/3/2019) malam WIB.

"Mentalitas pemain harus dikembalikan agar siap untuk laga nanti," ujar Indra Sjafri usai memimpin latihan di Kompleks Lapangan VFF, Hanoi, Vietnam, Minggu (24/3/2019).

Menurut Indra, kesiapan mental penting untuk pertandingan kontra Vietnam agar skuatnya mampu meraih hasil maksimal dari tuan rumah yang membantai Brunei Darussalam dengan enam gol tanpa balas di laga pertama.

Baca Juga:
Pelatih Timnas Inggris Beberkan Rahasia Garangnya Raheem Sterling

Kemenangan dari partai tersebut akan memperbesar peluang skuat berjuluk Garuda Muda lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020.

Selain mental, Indra Sjafri juga memberikan beberapa strategi khusus untuk membendung alur serangan lawan dan mencetak gol ketika ada peluang.

"Latihan hari ini memang khusus untuk antisipasi Vietnam. Setelah itu nanti malam kami akan menganalisis bersama permainan Vietnam dan berdiskusi dengan tim pelatih," jelas Indra, seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga:
Evaluasi - Timnas Indonesia U-23 Main Buruk Atau Thailand Lebih Kuat?

Latihan timnas Indonesia U-23 pada Sabtu (23/3/2019) dimulai pada pukul 06.30 WIB dan berakhir sekitar pukul 08.00 WIB.

Aksi Ezra Walian saat berlatih bersama Timnas Indonesia U-23. (Dok. PSSI).

Dalam kegiatan itu, Indra Sjafri memisahkan tim menjadi dua kelompok besar. Kelompok pertama terdiri dari skuat inti ketika berhadapan dengan Thailand, Jumat (22/3/2019), dan, kedua, para pemain yang menjadi cadangan di pertandingan tersebut.

Untuk skuat inti diberikan materi pemulihan fisik, sementara lainnya harus menjalani latihan taktik.

Baca Juga:
Terkait Kasus Ezra Walian, Menpora Minta PSSI Ambil Pelajaran

Setelah latihan, beberapa pemain timnas Indonesia U-23 memilih bungkam dan enggan memberikan keterangan kepada pewarta.

Indonesia memang dalam posisi terdesak setelah kalah dengan skor 0-4 dari Thailand di laga perdananya di Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2020, yang digelar Jumat (22/3/2019).

Saat ini, Indonesia berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup K, satu tingkat dari peringkat juru kunci yang diduduki Brunei Darussalam.

Untuk menjaga asa lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020, Indonesia wajib memenangkan dua pertandingan yang tersisa. Yaitu mengalahkan Vietnam pada Minggu (24/3/2019) dan Brunei Darussalam, Selasa (26/3/2019).

Suara.com/Syaiful Rachman

Load More