Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-22 Firza Andika (tengah) menendang bola ke rekannya dalam latihan menjelang pertandingan Sepak Bola AFF U-22 di lapangan AUPP Sport Club, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (19/2/2019). Timnas U-22 akan menghadapi tim Malaysia di Grup B pada 20 Pebruari. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Bolatimes.com - Usai menjadi kampiun Piala AFF U-22, penggawa timnas Indonesia U-23 Firza Andika tidak diizinkan Indra Sjafri kembali ke Belgia. Menurut pemain AFC Tubize itu, pelatih ingin Firza tetap bersama timnas hingga kualifikasi Piala Asia U-23, yang akan digelar pada 22-26 Maret, selesai.

Saat ini, Garuda Muda -julukan timnas Indonesia U-23- sedang menjalani pemusatan latihan jelang kualifikasi Piala Asia U-23. Firza masuk dalam daftar 30 pemain yang dipilih Indra Sjafri untuk ambil bagian dalam pemusatan latihan.

"Kemarin agen sudah minta izin ke coach Indra, tapi coach Indra gak izinin. Beliau (Indra Sjafri) minta PSSI untuk mengirim surat izin ke sana (AFC Tubize) sampai kualifikasi Piala Asia selesai," kata Firza di lapangan ABC Senayan, Selasa (5/3/2019).

Baca Juga:
Hasil Lengkap dan Klasemen Grup D Piala Presiden, Persija Nyaman di Puncak

Firza mengaku pihak klub tidak keberatan dengan keinginan Indra Sjafri. Manajemen AFC Tubize, yang bermain di kasta kedua Liga Belgia, justru memberi selamat kepada Firza menyusul keberhasilan timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-22.

"Dari CEO dan admin sana mengucapkan selamat dan menanyakan kapan kamu balik ke sini? Saya bilang akan mengikuti pemusatan lagi untuk kualifkasi Piala Asia," tambahnya.

"Nanti surat dari PSSI akan dikirim secepatnya. Mereka bilang (AFC Tubize) 'ya sudah tidak apa-apa'," ungkap mantan pemain PSMS Medan itu.

Baca Juga:
Persija Jakarta Pesta 5-0 ke Gawang Borneo FC

Latihan timnas Indonesia U-23 di stadion Madya, Senayan. (Suara.com/Adie Prasetyo)

Lebih lanjut, Firza mengaku semakin termotivasi menatap kualifikasi Piala Asia U-23. Gelar juara di Piala AFF U-22 jadi motivasi di turnamen yang akan berlangsung di Vietnam.

"Rasa percaya diri ada pastinya karena kita punya target dua lagi yaitu lolos kualifikasi Piala Asia dan SEA Games. Kami tidak ingin berleha-leha atau puas diri dengan gelar juara kemarin. Kami ingin meningkatkan kualitas lagi setelah juara," pungkasnya.

Di kualifikasi Piala Asia U-23, timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K. Di grup tersebut Garuda Muda akan menghadapi Vietnam, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga:
Kalah dari Madura United, Pelatih PSS Rencanakan Ubah Program Latihan

Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha

Load More