Rauhanda Riyantama
Para pemain Timnas Indonesia U-22 merayakan gol penyerang Marinus Wanewar (kiri) ke gawang Kamboja pada laga matchday pamungkas Grup B Piala AFF U-22 2019 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Bolatimes.com - Karakter tempramental perlahan mulai menghilang dari seorang Marinus Wanewar. Ternyata sosok AKBP Sumardji-lah yang berperan penting dalam mengubah kepribadian pemain Persipura Jayapura itu.

Bertugas sebagai head of delegation Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22 2019, Sumardji mengatakan jika sudah mengenal Marinus sejak lama. Keduanya pernah bekerja sama di Bhayangkara FC pada Liga 1 2018. 

Sebagaimana diketahui, Sumardji merupakan manajer tim milik kepolisian itu. Sementara Marinus merupakan pemain pinjaman dari Persipura Jayapura.

Baca Juga:
Jokowi Jadi Sorotan Media Asing Usai Beri Pesan ke Timnas Indonesia U-22

Oleh karena itu, Sumardji mengaku tahu betul mengatasi Marinus. Ia sering berbicara dengan Marinus layaknya seorang ayah dan anak.

"Marinus ini kan temperamental, dari awal ikut saya satu tahun di Bhayangkara FC, sehingga saya tahu bagaimana menyentuh hati Marinus," ujar Sumardji di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (27/2/2019).

"Setiap malam atau saat bertemu, sebelum laga saya elus-elus. Kamu harus punya hati, kamu harus bermain dengan hati, jangan marah dan sebagainya. Ini bentuk rasa perhatian dari orangtua ke anak," ia menambahkan.

Baca Juga:
Gol Hami Syahin Gagalkan Kemenangan PSM Makassar Atas Home United

Polesan Sumardji terbilang sukes. Marinus berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF U-22 2019. Bahkan, Marinus menjadi top skor di ajang tersebut dengan perolehan tiga gol. 

Meski begitu, kontroversial Marinus belum sepenuhnya hilang. Marinus sempat tersandung kasus selebrasi kontroversial ketika menghadapi Kamboja di babak penyisihan grup. Marinus juga dituduh media Vietnam memalsukan usia karena perawakannya.

Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha

Baca Juga:
Cerai dari Istri, Ini 5 Potret Cantik Pacar Baru Thibaut Courtois

Load More