Angga Roni Priambodo | Andiarsa Nata
Bola Resmi Liga 1 2018/2019 (BOLATIMES/STEPHANUS ARANDITIO)

Bolatimes.com - Dalam informasi terbaru yang dirilis Federasi Sepak Bola Asia (AFC) mengenai ranking liga sepak bola di seluruh Asia pada 2018, posisi liga taratas Indonesia, yakni Liga 1 berada di peringkat yang memprihatinkan.

Melalui situs resminya, AFC telah memberikan informasi terbaru terkait ranking kompetisi sepak bola yang berada di Asia. Posisi teratas pun dihuni oleh China dengan mengumpulkan 15.450 poin.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, poin Liga China mengalami penurunan yang jauh. Pada tahun 2017, Liga tempat bermainnya Paulinho itu berhasil mengumpulkan 24.567 poin.

Baca Juga:
Video - Salah dan Sokratis Papastathopoulos Ribut di Jeda Babak Pertama

Sementara peringkat di bawah China, Qatar menjadi liga di Asia yang menempati urutan kedua dengan mengumpulkan 15.600 poin. Jika melihat jumlah poin tersebut, Liga Qatar memang sedikit lebih unggul dari Liga China. Akan tetapi, poin Qatar kalah dengan China dalam poin FIFA.

Sedangkan Indonesia, pada tahun 2018 ini Liga 1 berada dirutan ke-27 dari total 46 kompetisi sepak bola di Asia.

Indonesia kalah dengan liga-liga yang berada di Malaysia, Philipina, Singapura, Vietnam hingga Myanmar. Liga 1 sendiri berhasil mengumpulkan 4.100 poin pada tahun 2018 ini.

Baca Juga:
2 Penyerangnya Rebutan Penalti, Ranieri Ingin Bunuh Pemainnya

Ranking liga Indonesia di Asia (Sumber: the-afc.com)

Jumlah poin tersebut terpaut cukup jauh dari poin yang berhasil dikumpulkan di 3 tahun sebelumnya. Pada tahun 2015, Liga 1 berhasil mengumpulkan 5.667 poin. Sementara di tahun 2016 dan 2017 poin Indonesia kosong karena mendapat sanksi dari FIFA.

Dalam ranking yang dirilis AFC tersebut, terdapat juga liga Timor Leste, Brunei Darussalam dan China Taipei yang belum mendapatkan poin dari AFC selama empat tahun terakhir.

Adapun penilaian AFC tersebut berdasarkan penjumlahan rangking FIFA sebuah negara dan perfroma klub negara tersebut yang berkompetisi di Asia seperti Liga Champions Asia dan Piala AFC dalam empat tahun terakhir.

Baca Juga:
Berlaku Rasis, Dua Orang Fans Tottenham Hotspur Ini Diusir Keluar Stadion

Load More