Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Pemain Persija Jakarta berselebrasi usai keluar sebagai juara Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (9/12/2018). Persija juara setelah menang pada laga terakhir atas Mitra Kukar dengan skor 2-1. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Bolatimes.com - Liga 1 2018 telah rampung dengan memunculkan Persija Jakarta sebagai jawara. Selain itu, PSMS Medan, Sriwijaya FC, dan Mitra Kukar dipastikan tersingkir dari kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia pada musim depan.

Selama 34 pekan bergulir, Liga 1 menghasilkan beberapa catatan yang menarik. Termasuk fakta dari tiga tim yang tak pernah terkalahkan jika bermain di kandang. Mereka adalah Persela Lamongan, Barito Putera, dan Arema FC.

Tak hanya itu, sepanjang gelaran Liga 1 2018, menurut catatan Liga-Indonesia.id, ada 840 gol yang tercipta dari total 2.619 percobaan ke gawang.

Baca Juga:
Persija Juara, Persebaya Surabaya Jadi Raja Gol Liga 1 2018

Selain dua catatan menarik tersebut, berikut Bolatimes.com merangkum deretan fakta menarik dari gelaran Liga 1 2018:

1. Persija Jakarta, juara Liga 1 2018, adalah tim yang paling banyak meraih kemenangan. Total skuat Macam Kemayoran memenangi 18 laga, 16 sisanya berakhir imbang dan kekalahan. Selain itu, Persija Jakarta adalah tim paling sedikit kebobolan dengan hanya 36 kali kemasukan.

2. Persebaya Surabaya merupakan tim paling produktif di Liga 1 2018. Klub kebanggan Bonek itu berhasil mencetak 60 gol dari 34 pertandingan. David da Silva menjadi penyumbang gol terbanyak dengan jumlah 20 gol. Produktivitas skuat asuhan Djadjang Nurdjaman sukses mengalahkan dua klub papan atas yakni PSM Makassar  (57 gol), dan sang juara, Persija Jakarta (53 gol).

Baca Juga:
Dejan Lovren Beri Ucapan Selamat Kepada Marko Simic

Pemain Persebaya, David Da Silva (bawah) bersama rekannya Osvaldo Haay beraksi setelah membobol gawang Bali United dalam pertandingan Sepak Bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (18/11/2018). (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

3. PSMS Medan dan Mitra Kukar adalah dua tim yang paling sering kalah. Keduanya 19 kali tumbang dan akhirnya terdegradasi ke Liga 2.

4. Persija dan Bhayangkara FC adalah dua tim yang paling sering menang di kandang lawan. Keduanya sama-sama mearih kemenangan tujuh kali.

5. Striker Persebaya Surabaya, David Da Silva, adalah pemain yang paling banyak mencetak hat-trick di Liga 1 2018. Pemain Brasil itu tiga kali hat-trick masing-masing ke gawang PS Tira, Mitra Kukar, dan Bali United.

Baca Juga:
Ironi PSMS Medan, Punya Tembakan Maut tapi Degradasi dari Liga 1

Load More