Stephanus Aranditio
Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti memeluk Kiper, Andritany Ardhiyasa usai melakukan pemasan sebelum melawan Timor Leste di Piala AFF 2018 (AFF)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan melakoni partai pamungkas Grup B Piala AFF 2018 melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Minggu (25/11/2018).

Pelatih timnas Indonesia Bima Sakti mengatakan bakal menurunkan penjaga gawang Andritany Ardhiyasa di laga krusial itu. Sebab, skuat Garuda membutuhkan hasil kemenangan agar bisa lolos ke semifinal.

Sebelumnya, Pasukan Merah Putih takluk 2 - 4 dari Thailand pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018). Di laga itu, Bima Sakti menurunkan Awan Setho sbagai penjaga gawang.

Baca Juga:
Panpel Dipecat Usai Loloskan Suporter Ilegal Saat Piala AFF 2018

Padahal, di dua laga sebelumnya melawan Singapura dan Timor Leste, kiper Bhayangkara FC ini tidak dimainkan. Bima Sakti lebih memilih Andritany Ardhiyasa untuk menjaga gawang timnas Indonesia.

Kiper Timnas Indonesia, Awan Setho Raharjo saat melawan Thailand di Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Thailand, Sabtu (17/11/2018) (AFF)

Tindakan menurunkan Awan itu pun menuai kritikan. Sebab, beberapa gol yang diciptakan Thailand akibat kesalahan dari Awan Setho.

"Kondisi para kiper saat latihan tadi cukup baik. Permainan Andritany sangat bagus. Dia juga terlihat yakin dan siap untuk bermain di partai berikutnya melawan Filipina," kata Bima di lapangan ABC, Senayan, Selasa (20/11/2018).

Baca Juga:
Antoine Griezmann Sebut Zinedine Zidane Cocok Gantikan Deschamps

Bima pun sudah memperbaiki kekurangan yang terjadi saat kalah dari Thailand. Yaitu penyelesaian akhir dan penguasaan bola dalam permainan.

"Latihan hari ini fokus untuk bermain penguasaan bola dan finishing. Evaluasi kemarin, konsistensi pemain saat bermain masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diperbaiki kami," pungkas Bima Sakti.

Kekalahan dari Thailand membuat peluang Indonesia lolos ke semfinal jadi lebih berat. Evan Dimas dan kawan-kawan harus bergantung dari hasil tim lain.

Baca Juga:
Eks Pemain Timnas Inggris Lakukan Pelecahan Seksual di Kereta Api

Namun, Jika pertandingan antara Filipina vs Thailand, 21 November 2018, berakhir imbang. Maka peluang Indonesia lolos tertutup sudah.

Indonesia masih punya asa jika Thailand bisa mengalahkan Filipina. Sebab, poin yang didapat Filipina serupa dengan Indonesia, sementara Thailand sudah memastikan diri lolos ke babak semifinal.

Indonesia juga bergantung dari hasil pertandingan Singapura melawan Timor Leste di hari yang sama. Pasukan Merah Putih masih bisa lolos jika Singapura hanya menang 1 - 0 melawan Timor Leste, imbang, dan kalah.

Baca Juga:
Raja Gol Liga 1 Resmi Berpisah dengan Suphanburi FC

Selain itu di laga pamungkas pada 25 November, Singapura harus takluk dari Thailand. Tentu, hal itu harus bersamaan dengan kemenangan Indonesia atas Filipina.

 

Berita ini sudah ditayangkan di suara.com

Load More