Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Futsal Indonesia melakukan Viking Clap usai kalahkan Kamboja di GOR UNY, Yogyakarta (Stephanus Aranditio/Bolatimes.com)

Bolatimes.com - Timnas Futsal Indonesia bersua Kamboja pada matchday ketiga Piala AFF Futsal 2018 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (07/11/2018). Skuat Merah-Putih pun memetik kemenangan telak dengan lebih dari selusin gol atau 13 gol tanpa balas.

Melawan Kamboja, pelatih Kensuke Takahashi masih mengandalkan nama-nama andalan seperti Muhamad Nazil, Bayu Saptaji, Sunny Rizky Suhendra pada starting five. Sementara Mochammad Iqbal dan Andri Kustiawan absen dalam laga kali ini karena mengalami cedera ketika kalah 5-7 dari Malaysia.

Kendati demikian, ketiadaan kedua pemain tersebut digantikan dengan baik oleh Rendy Satria dan Al Fajri Zikri. Skuat Garuda berhasil unggul cepat lewat Al Fajri ketika laga baru berjalan dua menit.

Baca Juga:
Bobol Gawang Liverpool 2 Kali, Milan Pavkov Tidak Bisa Tidur

Namun, selepas gol tersebut, Indonesia kesulitan untuk menembus barisan pertahanan Kamboja. Gol skuat Garuda baru tercipta kembali pada menit ke-10 melalui kaptem Bayu Saptaji memanfaatkan assist dari Ardiansyah Runtuboy.

Semenjak Runtuboy memasuki lapangan, permainan Indonesia semakin ofensif. Pemain asal Papua tersebut kembali mencatatkan assist cantik untuk gol Muhammad Subhan di menit ke-12.

Setelah unggul 3-0, skuat Garuda semakin gencar melakukan serangan hingga akhirnya mampu menambah empat gol lewat aksi dari Syaudi Saudi (14', 18'), Ardiansyah Runtuboy (17'), dan Muhammad Subhan lagi (20'). Indonesia pun menutup babak pertama dengan keunggulan telak 7-0 atas Kamboja.

Baca Juga:
Nomor Boaz & Bepe Tak Dipakai Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Pada babak kedua, Indonesia tak sedikitpun mengendurkan tempo permainan. Saat laga baru berjalan satu menit, Al Fajri kembali mencetak gol ke gawang Kamboja kawalan Ho Artra. Pundi-pundi gol Indonesia pun terus mengalir dengan berkat lesakkan Randy Satria (25'), Rio Pangestu (30'), Marvin Alexa (35'), Aditya Muhammad Rasyid (38'), dan ditutup oleh Fhandy Permana (20').

Kemenangan besar atas Kamboja membuat Indonesia dipastikan melaju ke babak semifinal Piala AFF Futsal 2018 dengan status runner-up Grup A. Pasalnya, pada pertandingan lainnya, Malaysia berhasil menasbihkan diri sebagai pemuncak Grup A setelah memetik kemenangan 3-2 atas Myanmar.

Pada babak semifinal nanti, Indonesia akan menghadapi jawara dari Grup B antara Thailand atau Vietnam yang baru akan bertanding pada Rabu (7/11/2018) pukul 16.30 WIB.

Baca Juga:
Ditahan Imbang Napoli, Pelatih Paris Saint-Germain Salahkan Wasit

Susunan pemain Timnas Futsal Indonesia vs Kamboja, Rabu (7/11/2018):

Starting five Indonesia:

2-Mohamad Nazil
5-Al Fajri Zikri
12-Bayu Saptaji (c)
14-Randy Satria
16-Sunny Rizky

Baca Juga:
Digugat, Klub Irlandia Hapus Wajah Bob Marley di Jersey Tandang

Cadangan:

1-Teguh Limas Sarendra
3-Muhamad Yusuf Kurniawan
6-Marvin Alexa
7-Syauqi Suad
8-Fhandy Permana
9-Muhammad Subhan
11-Ardiansyah Runtuboy
13-Aditya Muhammad Rasyid
15-Rio Pangestu

Starting five Kamboja:

13-Phon Chanudom
3-Kun Lundaroath
8-Ouk Sereyratanak (c)
10-Ros Rathanak
11-Tat Phatdy

Cadangan:

1-Ho Artra
4-Nhek Thalida
5-Setha Sachakboth
6-Lak Phirun
9-Heng Sokly
12-Ros Sichamreom
14-Keo Cheatuo
15-Kim Hap
16-Chantha Chanteaka

Load More