Stephanus Aranditio
Pemain Persija Jakarta merayakan gol ke gawang Persib Bandung (liga-indonesia.id)

Bolatimes.com - Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra ''Teco'' terpaksa harus memutar otak untuk menentukan pengganti dua bek sayap mereka, Ismed Sofyan dan Rezaldi Hehanussa yang absen dalam beberapa laga kedepan.

Rezaldi mengalami cedera usai kembali dari pemusatan latihan bersama dengan timnas senior Indonesia jelang laga uji coba melawan Myanmar beberapa waktu lalu. Bule -sapaan akrab Rezaldi- mengalami cedera pada bagian kakinya.

Diketahui, Bule mengalami calcaneus spur atau kondisi di mana ada pembentukan tulang kecil seperti taji di bagian tumit. Sang pemain pun mengaku sakit ketika lari dan menggiring bola. 

Baca Juga:
Sekjen PSSI Ratu Tisha Dapat Kiriman Paket Misterius

Sebelumnya, Dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi mengatakan jika Rezaldi seharusnya melakukan operasi untuk cedera ini. Namun, hingga saat ini sang pemain belum melakukannya.

Rezaldi Hehanussa. (Sumber: instagram/@rezaldihehanussa).

Gede Widiade menyebutkan ada alternatif lain selain menjalani operasi. Menurutnya, jika operasi dilakukan, Rezaldi harus absen minimal selama enam bulan. 

''Rezaldi cedera parah sebenarnya, tapi dokter masih minta agar tidak dilakukan operasi. Sebab kalau operasi, dia istirahat enam bulan,'' ungkap Gede. 

Baca Juga:
Cristiano Ronaldo Samai Rekor 60 Tahun yang Bertahan di Juventus

''Jadi, nanti ada treatment di sepatu. Dokter minta treatment sepatu yang cocok, jadi tidak perlu operasi. Kalau dia operasi, bayangkan, harus absen enam bulan!'' terangnya. 

Meski demikian, pengusaha asal Surabaya itu memastikan Bule akan baik-baik saja. Bahkan, Bule masih bisa bermain dalam waktu dekat, meski belum dipastikan kapan detail waktu comeback-nya. 

''Tidak, tidak ada yang terlalu parah sebenarnya. Masih punya kemungkinan untuk bermain. Tapi kita juga mau coba buktikan ke teman-teman yang lain, tanpa Rezaldi, kan yang lain bisa bermain. Tapi untuk dia, masih ada kemungkinan untuk main di sisa musim ini,'' pungkas Gede.

Baca Juga:
Dituduh Mata Duitan, Cristiano Ronaldo Beri Pembelaan Berkelas

Ismed Sofyan (@ismedsofyan14/Instagram)

Sementara Ismed Sofyan harus ditarik keluat saat baru bermain selama 25 menit di partai kontra Barito Putera, Ismed langsung ditarik keluar karena cedera. Ia digantikan oleh Ramdani Lestaluhu setelah merasa nyeri di kakinya. 

Dokter tim Persija, Donny Kurniawan pun langsung membawa Ismed ke rumah sakit untuk melakukan pemindaian. Da diketahui, ada pembengkakan di bagian engkel kaki kiri fullback veteran asal Aceh itu. 

"Untuk Ismed, semalam kita sudah melakukan X-Ray, yang sedikit ada kekhawatiran ada fracture (retak) pada fibula, karena pada saat di lapangan kami mendapati engkelnya sudah sangat bengkak sekali," ungkap Donny, Rabu (31/10/2018).

Baca Juga:
Miralem Pjanic: Tak Mudah Raih Scudetto, Ada Napoli dan Inter

"Tetapi Puji Tuhan, dari rontgen hasilnya oke, tidak ada patah dan tidak ada masalah. Apalagi setelah melakukan kompresipun pembekakannya berkurang," terang sang dokter tim.

Donny mengungkapkan cedera yang dialami Ismed dalam kategori sedang. Pemain yang saat ini merupakan pemain paling senior di skuat Persija itu butuh waktu paling tidak dua minggu untuk melakukan recovery cederanya itu. 

"Kita lihat secara fungsi juga. Syukurnya fungsi itu tidak ada gangguan, hanya saja ketika dia berpijak dia masih merasa nyeri. Protokolnya yang nanti dilakukan seperti (penyembuhan cedera) engkel yang biasa, dengan pengawasan dua minggu untuk waktu recoverynya," tukasnya.

Load More