Galih Priatmojo
Pemain Timnas Indonesia U-19 Saddil Ramdani (kiri) menendang bola dibayangi pemain Timnas Taiwan Chung Yu Wang (tengah) dalam penyisihan Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (18/10/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Bolatimes.com - Egy Maulana Vikri dkk bakal menghadapi partai menentukan di laga ketiga penyisihan Grup A Piala Asia U-19. Menghadapi raksasa Uni Emirat Arab (UEA), menang adalah target mutlak untuk melaju ke fase berikutnya. Taiwan pun siap memuluskan misi Timnas Indonesia U-19 untuk melenggang ke Piala Dunia U-20 di Polandia.

Taiwan boleh saja jadi tim underdog di Grup A. Tapi meski melakoni dua laga penyisihan dengan hasil minor tampaknya hal itu tak menyurutkan semangat anak asuhan Vom Ca Nhun.

Merasakan atmosfer Piala Asia U-19 untuk pertama kalinya, Taiwan berambisi pulang tanpa tangan kosong. Mereka berharap bisa memetik poin apalagi Qatar yang bakal dihadapi adalah lawan terakhir mereka.

Baca Juga:
VIDEO: Bek Malaysia Patahkan Kaki Lawan di Piala Asia U-19 2018

''Kami sudah mengorbankan banyak tenaga di laga lawan UEA. Masalah yang sama juga akan kami hadapi saat lawan Qatar,'' terang Vom seperti dikutip dari laman resmi AFC.

'' Tapi mari kita lihat yang terjadi. Kami tentu saja mau melakukan apapun agar mendapat hasil positif dan melanjutkan pengembangan di level usia dini kami,'' tambahnya.

Jikalau Taiwan mampu memetik kemenangan menghadapi Qatar, Timnas Indonesia U-19 dipastikan bisa mulus melenggang ke fase gugur. Dengan syarat, anak asuhan Indra Sjafri mampu menahan imbang Uni Emirat Arab (UEA).

Baca Juga:
Murka dengan Kritik, Marcelo Ejek Wartawan Tak Bisa Main Bola

Nah jika kemungkinan terburuknya, Timnas Indonesia U-19 kalah dari UEA, pun tetap bisa lolos, lagi-lagi jika Taiwan mau 'membantu' dengan mengalahkan Qatar.

Andaikata itu terjadi, UEA bakal jadi juara grup dengan raihan 9 poin, sementara Timnas Indonesia u-19, Taiwan dan Qatar akan memperebutkan posisi runner up.

Kalau merujuk dari regulasi, tim dengan poin yang sama akan dilihat dari head to headnya. Tetapi karena ketiga tim saling mengalahkan, maka yang dihitung guna menentukan runner up Grup A adalah selisih gol yang dihasilkan laga antara ketiga tim, baru jumlah gol yang dicetak.

Baca Juga:
Prediksi Timnas Indonesia U-19 vs UEA, Duel Hidup Mati Garuda

Dengan kata lain, Indonesia bisa lolos jika, Taiwan menang tidak lebih dari 3-0. Dengan kemenangan Taiwan 3-0 atas Qatar maka selisih gol menjadi: Indonesia (8-7= +1 gol), Taiwan (4-3= +1 gol), Qatar (6-8= -2 gol).

Load More