Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Sejumlah pemain Persib Bandung beradu mulut dengan sejumlah pemain Persija Jakarta pada pertandingan lanjutan Go-Jek Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9). Persib Bandung berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor akhir 3-2. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Bolatimes.com - Federasi sepak bola Indonesia (PSSI) telah mengumumkan sanksi untuk Persib Bandung terkait insiden tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila menjelang pertandingan Persib bandung versus Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/10/2018).

Komite Disiplin telah menyimpulkan adanya sejumlah pelanggaran kode disiplin. Beberapa di antaranya adalah intimidasi kepada ofisial Persija, aksi sweeping, pengeroyokan, dan pemukulan suporter tim tamu hingga tewas.

Selain itu, penitia penyelenggara (panpel) pertandingan Persib Bandung dinilai gagal memberikan kenyamanan terhadap para suporter dan penonton yang menyaksikan pertandingan.

Baca Juga:
Breaking News: PSSI Cabut Penghentian Sementara Liga 1 2018

Atas berbagai pelanggaran tersebut, berikut Bolatimes.com merangkum dari PSSI, lima hukuman dari Komdis PSSI kepada Persib Bandung, Selasa (2/1/2018).

1. Persib Bandung harus melakoni pertandingan home di luar Pulau Jawa (Kalimantan) tanpa penonton sampai akhir musim kompetisi 2018 dan pertandingan home tanpa penonton di Bandung sampai setengah musim Liga 1 2019.

2. Suporter Persib Bandung dilarang menyaksikan pertandingan Persib pada saat home maupun away serta pertandingan Liga 1 lainnya sejak putusan ini ditetapkan sampai pada setengah musim kompetisi 2019.

Baca Juga:
Begini Nasib Penyerang Persija, Marko Simic Usai Alami Kecelakaan

3. Ketua panitia penyelenggara pertandingan (panpel) dan security officer dilarangan ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung selama 2 (dua) tahun.

4. Panpel Persib Bandung juga didenda sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah). Panpel Persib Bandung diwajibkan memerangi rasisme, tulisan provokasi serta slogan yang menghina pada spanduk, poster, baju, dan atribut lainnya dengan cara apapun.

5. Seluruh tersangka pengeroyokan Haringga Sirla dihukum larangan menonton sepak bola di wilayah Republik Indonesia seumur hidup.

Baca Juga:
Perkembangan Kasus Haringga, Ini yang Dilakukan PSSI Sekarang

Atas diumumkannya hukuman tersebut, Sekretaris Jenderal PSSI, Rathu Tisha Destria, menegaskan Liga 1 2018 akan segera bergulir kembali. Rencananya, Liga 1 akan mulai dipertandingkan pada Jumat (5/10/2018).

''Dengan telah diputuskannya hukuman ini dari Komdis dan mengakomodasi permohonan dari forum silaturahmi klub Liga 1, maka PSSI mencabut status penghentian sementara Liga 1. PSSI juga meminta PT Liga Indonesia Baru untuk dapat kembali menjalankan Liga 1 2018 terhitung tanggal 5 Oktober 2018,'' kata Ratu Tisha Destria.

Baca Juga:
Tanpa Ronaldo, Ini Skuat Juventus Lawan Young Boys

Load More