Dinar Surya Oktarini | Rauhanda Riyantama
Timnas U-19 Indonesia vs Timnas U-19 Vietnam. (Sumber: Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Pertandingan seru bakal tersaji kala Timnas U-19 Indonesia ditantang Timnas U-19 Vietnam. Partai lanjutan penyisihan grup A Piala AFF U-19 2018 akan diselenggarakan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (7/7/2018).

Belum hilang di ingatan saat Indonesia dihantam Vietnam tiga gol tanpa balas pada Piala AFF U-19 2017 di Thuwunna Stadium, Yangon, Myanmar. Dua gol Veitnam kala itu diborong Lee Van Nam.

Lima tahun lalu, Indonesia juga pernah dipermalukan di kadang sendiri saat Piala AFF U-19 2013. Saat itu, Indonesia sempat unggul cepat lewat gol Evan Dimas di menit pertama. Namun, harus kalah 2-1 hingga pertandingan berakhir.

Baca Juga:
Prediksi Swedia vs Inggris, Inggris di Ambang Hapus Catatan Buruk

Pelatih, Indra Sjafri, tampak antusias menyambut pertandingan ini. "Ini akan jadi laga seru. Saya pikir ini seperti final di penyisihan grup," ujarnya saat ditemui awak media di Sidoarjo.

Indra Sjafri juga berambisi untuk membalas kekalahan itu. “Kami harus mengalahkan mereka dengan cool, kalau marah pasti tidak akan menang. Harus tenang dan sabar. Saya pastikan pertandingan ini akan berjalan menarik,” kata mantan pelatih Bali United itu.

Kepercayaan diri tinggi tengah menghinggapi skuat Garuda Nusantara. Pasalnya, mereka belum terkalahkan dalam tiga laga awal Grup A.

Baca Juga:
Griezmann Pilih Tak Lakukan Selebrasi Usai Cetak Gol

Indonesia

Saat ini Indonesia berada di puncak klasemen dengan poin sembilan. Selisih dua poin dengan Vietnam dan Thailand di posisi kedua dan ketiga.

Jika Indonesia menang nanti malam, bisa dipastikan lolos ke babak semifinal. Namun, jika kalah maka laga terakhir kontra Thailand menjadi laga hidup mati bagi skuat racikan Indra Sjafri.

"Kalau kami menang, selesai. Kami masuk semifinal. Andai kami menang, apapun hasil pertandingan terakhir lawan Thailand, kami pasti lolos sebagai runner-up atau juara. Jadi pertandingan lawan Thailand tidak perlu terlalu bekerja keras," ucap Indra.

Baca Juga:
Tite Ungkap Alasan Kekalahan Brasil atas Belgia

Sementara itu, pelatih Vietnam, Hoang Anh Tuan dibantu dengan catatan positif skuat asuhannya di turnamen ini. Dalam empat pertemuan waktu normal, mereka berhasil menang tiga kali dan imbang sekali.
Hasil imbang terjadi saat partai puncak edisi 2013. Saat itu pertandingan dilanjutkan babak tambahan waktu hingga adu penalti. Indonesia kemudian berhasil menang dan keluar sebagai juara.

Hoang Anh Tuan, juga mengatakan pertandingan melawan Indonesia bakal sengit. Vietnam wajib memenangi laga tersebut jika ingin lolos ke semifinal. Seri di pertandingan ini akan menipiskan peluang melaju lebih jauh, apalagi sampai kalah.

"Kami wajib memenangi pertandingan melawan Indonesia. Hanya itu jalan satu-satunya karena kami kalah selisih gol dari Thailand dan nilai kami kalah dari Indonesia," tutur Hoang.

Baca Juga:
Kelebihan Kuota Pemain Asing, Persija Jakarta Lepas Addison Alves

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Riyandi (Kiper); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Kadek Raditya, David Rumakiek (Belakang); Syahrian Abimanyu, Luthfi Kamal, Witan Sulaeman (Tengah); Feby Eka Putra, Rafli Mursalim, Aji Kusuma (Depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Vietnam U-19 (4-3-3): Duong Lung Lam (kiper); Nguyen Hung Thien Duc, Dang Van Toi, Bui Hoang Viet Anh, Tran Bao Toan (belakang); Nham Manh Dung, Nguyen Hong Son, Tran Van Cong (tengah); Nguyen Huu Thang, Phan Van Nam, Le Van Xuan (depan).

Pelatih: Hoang Anh Tuan

Load More