Dinar Surya Oktarini | Rauhanda Riyantama
Swedia vs Inggris (Bolatimes.com)

Bolatimes.com - Swedia akan melakoni laga sulit kontra Inggris di babak perempat final Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Sabtu (7/7/2018). Jika ingin lolos ke partai semifinal, pasukan Janne Andersson harus mampu menjungkalkan perlawanan Inggris.

Inggris memang lebih diunggulkan pada partai ini. Skuat The Three Lions yang berisikan pemain muda tampil cukup apik pada fase penyisihan grup hingga babak 16 besar. Meski harus tampil mati-matian kala tumbangkan Kolombia lewat drama adu penalti.

Skuat Inggris yang berisikan nama-nama Jesse Lingard, Raheem Sterling, Delle Alli, hingga Harry Kane digadang-gadang mampu menyulitkan pertahanan Swedia yang digalang Andreas Granqvist. Swedia pun patut waspada dengan kecepatan dan semangat tempur pasukan Gareth Southgate.

Baca Juga:
Griezmann Pilih Tak Lakukan Selebrasi Usai Cetak Gol

Sementara Swedia menjadi tim kuda hitam pada laga ini. Setelah sebelumnya mereka lolos dari fase grup sebagai pemuncak klasemen Grup F, menyingkirkan juara bertahan Jerman. Kemudian lolos ke perempat final dengan mengalahkan Swiss 1-0.

Selebrasi para pemain Swedia usai tumbangkan Swiss 1-0 di babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Swedia tampil di Piala Dunia 2018 tanpa pemain bintangnya, Zlatan Ibrahimovic. Striker 34 tahun itu memutuskan mundur dari timnas usai gagal di Piala Eropa 2016.

Meski demikian, kerja sama tim yang dilakukan penggawa tim Blågult ini sangat baik. Penampilan impresif mereka terbukti ampuh, sehingga bisa lolos sampai babak perempat final.

Baca Juga:
Tite Ungkap Alasan Kekalahan Brasil atas Belgia

Diprediksi kekompakan pemain Swedia mampu merepotkan pertahanan Inggris. John Stones dan kolega patut waspada.

Hapus Catatan Buruk

Laga kontra Swedia juga menjadi kesempatan The Three Lions untuk menghapus catatan buruk tampil di turnamen Piala Dunia. Tercatat, mereka belum pernah lolos dari perempat final sejak Piala Dunia 2006 setelah dikalahkan Portugal di babak adu penalti.

Baca Juga:
Kelebihan Kuota Pemain Asing, Persija Jakarta Lepas Addison Alves

Kini, Inggris berpeluang melangkah ke babak semifinal jika berhasil mengalahkan Swedia. Bahkan, Harry Kane dan koleg diprediksi menjadi calon juara dengan jargon Football is Coming Home.

Pada ajang Piala Dunia 2018, selain mampu meraih catatan bagus. Inggris juga untuk kali pertama sukses memenangi adu penalti kala menumbangkan Kolombia pada babak 16 besar.

Inggris sukses taklukkan Kolombia lewat drama adu penalti pada babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Apalagi melihat rekor pertemuan Swedia dengan Inggris. Dari total 15 pertemuan terakhir, Inggris hanya mampu meraih dua kemenangan. Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate pun mengaku tidak ingin memandang remeh calon lawan.

"Kami menilai mereka adalah tim yang sangat kuat. Saya beberapa kali menghadapi Swedia dan merasakan kalau mereka punya identitas yang sangat besar," kata Southgate.

"Sekarang tim mereka masih sama. Mereka juga mampu meraih hasil bagus, pada kualifikasi mereka mengalahkan Prancis, pada play off mereka menyingkirkan Italia. Pada turnamen ini, mereka juga mampu menyingkirkan Jerman. Jadi, mereka jelas adalah tim yang sangat tangguh," tambah pelatih 47 tahun itu.

Pelatih Swedia, Janne Andersson mengungkapkan, timnas Inggris sudah jauh berbeda saat ini. Ia mengaku, dulu sering menganggap permainan Inggris membosankan jika tampil di turnamen internasional. Namun, menurut dia sekarang Inggris sudah mampu mengeluarkan potensi terbaiknya.

"Banyak hal yang perlu berjalan dengan baik untuk mengalahkan tim seperti Inggris. Kami butuh bertahan dengan baik dan mencoba menguasai jalannya laga. Kami harus punya ide jelas kapan kami harus menyerang dan bertahan," kata Andersson.

Prakiraan susunan pemain:

Swedia: Robin Olsen; Ludwig Aufustinsson, Andreas Granqvist, Victor Lindelof, Emil Krafth; Emil Forsberg, Albin Ekdal, Sebastian Larsson, Viktor Claesson; Marcus Berg, Ola Toivonen

Pelatih: Janne Andersson

Inggris: Jordan Picford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Danny Rose; Harry Kane, Raheem Sterling

Pelatih: Gareth Southgate

Load More