Rendy Adrikni Sadikin | Irwan Febri Rialdi
Pembagian grup Piala Asia U-19. (Sumber: PSSI.org).

Bolatimes.com - Konfederasi sepak bola Asia (AFC) telah melaksanakan pengundian fase grup Piala Asia U-19 2018 di Hotel Fairmont, Jakarta pada Jumat (18/5/2018).

Dipimpin langsung oleh Direktur Kompetisi AFC, Shin Mangil, Indonesia tergabung di Grup A bersama Uni Emirat Arab (UEA), Qatar, dan China Taipei.

Selaku tuan rumah, Indonesia akan menyiapkan empat stadion sebagai venue pertandingan, yakni Gelora Bung Karno, Pakansari, Wibawa Mukti, dan Patriot Candrabhaga.

Baca Juga:
Alasan Manchester United Akan Raih Trofi Piala FA

Piala akan dibuka dengan laga antara Timnas U-19 Indonesia kontra China Taipei pada 18 Oktober 2018. Berikut jadwal selengkapnya.

18 Oktober 2018

Indonesia vs China Taipei
Uni Emirat Arab Vs Qatar

Baca Juga:
Setelah Jack Wilshere, Joe Hart pun Gagal Tampil di Piala Dunia

21 Oktober 2018

China Taipei vs Uni Emirat Arab
Qatar vs Indonesia

24 Oktober 2018

Baca Juga:
Didier Deschamps Ungkap Alasan Abaikan Kedua Pemain Ini

Indonesia vs Uni Emirat Arab
Qatar vs China Taipei

Berpeluang hadapi Andri Syahputra

Baca Juga:
Maskot Persebaya Dihukum, Berikut Hasil Lengkap Keputusan Komdis

Andri Syahputra (dua dari kiri, nomor 20 memegang piala) bersama Timnas U-29 Qatar. (Sumber: Instagram/@andri010).

Tergabung di Grup A, Indonesia berarti akan berhadapan dengan Qatar. Berarti pula skuat Garuda Nusantara akan bersua Andri Syahputra, pemain asli Indonesia yang bermain untuk Qatar.

Andri adalah pemuda kelahiran Lhokseumawe, Aceh, 29 Juni 1999. Ia juga memiliki status penduduk permanen Qatar.

Andri sendiri saat ini bermain untuk klub Qatar, Al Ghafara U-23 pada kompetisi Qatar Gas League U-23. Ia juga telah mengantongi caps bersama Timnas U-19 Qatar sejak 2017. Debutnya dimulai dengan pertandingan persahabatan melawan Timnas U-18 Inggris.

Sejatinya, ia sempat mendapat undangan dari PSSI untuk seleksi bersama Timnas U-19 Indonesia.

Namun, Andri akhirnya lebih memilih bersama Qatar. Jika nantinya Andri diturunkan saat menghadapi Indonesia, tentu laga itu akan menjadi pertandingan yang emosional.

Lawan paling tangguh di Grup A

Sumber: Instagram/@pssi_fai.

Terkait lawan yang paling sulit tentu tak bisa diprediksi secara gamblang. Tapi, jika dilihat dari peringkat negara, UAE akan paling sulit dikalahkan karena mereka di peringkat 81 dunia.

Lalu, diikuti Qatar di posisi 101, dan Taiwan berada di posisi 121. Sedangkan, Indonesia berada jauh di bawah dengan peringkat 164 dunia.

Namun, pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri optimistis mampu melewati semua hadangan. Terlebih, Egy Maulana bermain di hadapan publik sendiri.

"Semua tim yang bagus semua dan mereka masuk 16 besar, dengan status juara dan runner up. Saya pikir mereka adalah tim yang semua harus diwaspadai," ujar Indra Sjafri seperti dikutip Bolatimes.com dari Suara.com.

"Tidak ada yang tak mungkin, saya awali ini dengan bismillah dan insya Allah bisa akan kami capai," tuturnya menutup.

Sebagai informasi, Timnas U-19 Indonesia di bawah Indra Sjafri dibebani target tinggi di Piala Asia U-19. Mereka diwajibkan minimal mencapai babak empat besar.

Dengan begitu, nantinya skuat Garuda bisa tampil di Piala Dunia U-20.

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More