Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Piala AFF (sumber: football-tribe).

Bolatimes.com - Piala AFF 2018 akan segera digelar pada 8 November hingga 15 Desember 2018. Sedangkan pengundian grup akan digelar pada 2 Mei 2018 di Hotel Mulia, Jakarta.

"Nanti 2 Mei akan ada drawing Piala AFF di Jakarta. Piala AFF tahun ini menggunakan format baru. Proses drawing akan digelar di Hotel Mulia," ujar Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, dikutip Bolatimes.com dari Goal.

Seperti yang telah dijabarkan oleh Joko Driyono, Piala AFF edisi ke-12 ini akan menerapkan sistem baru. Seluruh pertandingan, mulai penyisihan grup hingga partai final akan digelar dengan format tandang dan kandang.

Baca Juga:
Legenda Bayern Munchen Ini Beberkan Rahasia Kalahkan Madrid

Jika mengacu pada edisi sebelumnya, kesempatan bermain di laga kandang dan tandang baru bisa diperoleh ketika melaju ke partai semifinal hingga final. Pasalnya babak penyisihan grup dilaksanakan di negara tuan rumah.

Selain itu, jika sebelumnya peserta Piala AFF hanya delapan, kini menjadi 10 negara peserta. Nantinya, 10 negara tersebut akan dibagi menjadi dua grup, masing-masing diisi oleh lima negara peserta.

Penentuan 10 tim yang berpartisipasi di Piala AFF 2018

Baca Juga:
Penghargaan Sir Alex Ferguson untuk Arsene Wenger

Sembilan tim seperti Vietnam, Thailand, Myanmar, Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Laos, dan Filipina akan otomatis masuk ke fase grup.

Sementara itu, satu tempat lainnya akan diperebutkan oleh dua tim, yaitu Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Kedua negara tersebut menjalani play-off terlebih dahulu untuk menentukan satu tempat terakhir di babak grup.

Baca Juga:
4 Pemain Indonesia yang Layak Main di Luar Negeri

Sepuluh tim dibagi ke dalam lima pot dan Indonesia terdapat di pot kedua bersama Malaysia. Thailand juara bertahan Piala AFF berada di pot satu bersama Vietnam, pot ketiga dihuni oleh Filipina dan Myanmar, dan pot keempat diisi oleh Singapura dan Kamboja. Sedangkan pot kelima ada Laos dan satu tim dari babak play-off.

Peraturan baru lainnya

Kendati mengenakan format kandang dan tandang, lima tim di dalam satu grup tetap hanya akan bertemu satu kali.

Baca Juga:
Video - Rekor Gemilang yang Tercatat di Piala Dunia 2002

Hal tersebut karena setiap tim di dalam grup akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang dengan lawan yang berbeda-beda di empat pertandingan tersebut.

Sekadar informasi, selama 22 tahun, Indonesia belum sekalipun berhasil memenangi Piala AFF. Raihan terbaik yakni saat mampu menjadi runner-up selama lima kali, yakni pada edisi 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Berikut daftar juara Piala AFF selama 11 edisi digelar:

1996 - Thailand
1998 - Singapura
2000 - Thailand
2002 - Thailand
2004 - Singapura
2006/07 - Singapura
2008 - Vietnam
2010 - Malaysia
2012 - Singapura
2014 - Thailand
2016 - Thailand

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More