Rizki Laelani
Babak 16 besar Liga Europa kemungkinan besar AC Milan akan bertemu Liverpool. (@acmilan)

Bolatimes.com - Hasil undian babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. Kemungkinan pertemuan awal antara AC Milan dan Liverpool di babak 16 Liga Europa dianggap sebagai final yang terlalu cepat oleh banyak penggemar sepak bola.


Penggemar sepak bola di seluruh dunia berharap AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi. Meskipun demikian, hasil undian tidak dapat disalahkan jika keduanya harus saling berhadapan di babak 16 besar.


Pada babak 16 besar, tim yang lolos dari babak play-off akan menghadapi juara grup Liga Europa. Tim yang bertanding dalam babak play-off merupakan peringkat 3 dari Liga Champions melawan Runner Up dari fase grup Liga Europa.


Dalam proses undian 16 besar Liga Europa UEFA, tim yang menjadi juara grup ditempatkan dalam pot unggulan, sementara pemenang babak play-off ditempatkan dalam pot non unggulan. 


Dalam tahap ini, tim dari asosiasi atau federasi yang sama masih tidak diperbolehkan untuk saling berhadapan. Oleh karena itu, meskipun AC Milan lolos ke babak 16 besar melalui jalur pemenang play-off, mereka dijamin tidak akan bertemu dengan Atalanta.


Meski demikian, AC Milan tidak dapat menghindari kemungkinan berhadapan dengan tim lain seperti Liverpool atau Villarreal. Khusus untuk Liverpool, pertandingan antara kedua tim pada 7 Desember 2021, di mana AC Milan kalah 1-2, masih menjadi memori yang memicu emosi.


Jika pertemuan antara Liverpool dan AC Milan terjadi, itu akan menjadi seperti final yang terlalu cepat. Pertandingan pada babak 16 besar ini akan berlangsung dalam dua leg, dan jika skor imbang setelah 180 menit, pertandingan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu tanpa memandang jumlah gol di kandang dan tandang.


Jika tidak ada pemenang setelah perpanjangan waktu, pertandingan akan diputuskan melalui adu penalti.

 

Load More