Pipin Lukmanul Hakim
Ilustrasi bola - Pihak UEFA akan menggunakan teknologi khusus berbentuk microchip dalam bola yang akan digunakan di Euro 2024 guna mendeteksi handball agar menghindari kontroversi. (Pixabay).

Bolatimes.com - UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

Teknologi khusus tersebut siap digunakan guna mendeteksi handball demi menghindari kontroversi di Euro 2024.

Dengan teknologi tersebut dapat membantu petugas VAR untuk mengidentifikasi setiap sentuhan bola yang dilakukan pemain.

Baca Juga:
Francesco Bagnaia Ingin Motor Desmosedici GP Ducati Lebih Garang di MotoGP 2024

Teknologi baru tersebut, diharapkan bisa mengurangi waktu analisis ketika ada insiden handball di kotak penalti, yang membutuhkan keputusan jelas dari petugas VAR.

Semula memang VAR diagung-agunkan sebagai teknologi untuk menghilangkan keputusan kontroversi di lapangan, hingga kini masih belum sempurna.

Seperti dilaporkan Mirror, perdebatan masih kerap muncul lewat keputusan-keputusan keliru yang diambil wasit meski sekalipun sudah meninjau VAR.

Baca Juga:
Jadwal Playoff Euro 2024, Tersisa 3 Slot akan Diperebutkan 12 Tim

Terbaru, wasit masih keliru membuat keputusan penalti untuk Parist Saint Germain dikarenakan menganggap pemain Newcastle, Tino Livramento handball di kota terlarang.

Keputusan tersebut dibuat setelah wasit meninjau ulang VAR. Meski begitu, keputusan ini dianggap kontroversi dan tidak sesuai.

Teknologi khusus handball bisa membantu wasit untuk membuat keputusan yang dianggap lebih akurat.

Baca Juga:
MotoGP 2024: Marco Bezzecchi Akui Belum Puas dengan Performanya di Tes Hari Kedua

Wasit harus bisa menentukan sebuah gol harus dianulir jika dicetak, 'langsung dari tangan atau lengan mereka meskipun tak disengaja atau pada saat proses build-up'.

Load More