Pipin Lukmanul Hakim
Thibaut Courtois saat membela Timnas Belgia di Piala Dunia 2018. Courtois memastikan diri bakal asben di Euro 2024 karena didera cedera ligamen. (Twitter)

Bolatimes.com - Kiper timnas Belgia, Thibaut Courtois memastikan dirinya tak akan tampil di Euro 2024, ia lebih memilih untuk fokus pada pemulihan cedera ligamen lutut.

Courtois mendapat cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) pada sesi latihan bersama klubnya, Real Madrid pada Oktober lalu.

Sehingga, Courtois terpaksa harus naik meja operasi yang membuatnya absen panjang dalam dunia sepak bola.

Baca Juga:
Tekad Kuat Bawa Portugal Juara Euro 2024, Cristiano Ronaldo Tak Ambil Pusing soal Rekor Pribadi

Courtois menuntaskan musim lebih cepat, karena prediksi baru pulih sekitar 8-9 bulan. Tetapi, sempat ada harapan ia bisa bermain setidaknya 1-2 laga sebelum musim 2023/2024 berakhir.

Hal tersebut, yang membuat Courtois disebut-sebut akan dibawa timnas Belgia ke ajang Euro 2024 mengingat ia merupakan sosok pemain senior di tim itu.

Namun sayangnya, fans Belgia harus memendam harapan tersebut dalam-dalam, karena Courtois enggan untuk terburu-buru kembali bermain.

Baca Juga:
Demi Kenyamanan Laga Persib vs Persis, Manajemen Minta Semua Pihak Patuhi Regulasi

Dirinya pun memilih fokus untuk pemulihan cederanya agar bisa tampil seperti sedia kala. Sekalipun Courtois harus merelakan kesempatan tampil di Euro 2024.

"Saya harus sembuh total, jadi lebih baik saya memberitahukannya sekarang. Jika memungkinkan, saya sebenarnya bisa saja bermain lagi bulan Mei, tapi saya tidak siap sama sekali untuk turnamen itu," kata Courtois kepada VRT.

"Saya tidak bisa bermain hanya dengan kondisi 80-85 persen. Saya harus mundur, demi memberikan tempat kepada pemain bagus lainnya," tambahnya.

Baca Juga:
BRI Liga 1: Persib Kehilangan Satu Pemain Hadapi Persis Solo, Bojan Hodak Tak Terlalu Gamang

Courtois pun mengakui, bahwa ada keputusan yang dia ambil salah usai bertengkar dengan pelatih Domenico Tedesco karena masalah ban kapten.

"Saya akui itu keputusan yang salah, dan sudah meminta maaf kepada tim serta fans," kata Courtois.

"Saya masih ingin bermain untuk tim nasional. Tapi, saya harus fokus untuk Real Madrid musim ini, saya melihat Piala Eropa bukan waktu yang tepat untuk kembali bermain," sambungnya.

Baca Juga:
Euro 2024 Pengabdian Terakhir Cristiano Ronaldo untuk Timnas Portugal, CR7 Lupakan Rekor 1.000 Gol Meksi Dibayangi Messi

Dengan demikian, posisi kiper utama timnas Belgia bisa diperebutkan oleh Koen Casteels, Matz Sels, Thomas Kaminski, dan Arnaud Bodart saat Courtois fokus pemulihan cedera.

Belgia sendiri bergabung di Grup E Euro 2024 ditemani oleh Slovakia, Rumania, dan pemenang dari playoff grup B.

Load More