Pipin Lukmanul Hakim
Pelatih timnas Vietnam, Philipe Troussier menaruh waspada terhadap permainan dengan semangat juang dari timnas Indonesia. (PSSI).

Bolatimes.com - Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier mengatakan, akan mewaspadai semangat juang permainan yang ditunjukkan timnas Indonesia.

Adapun jadwal siaran langsung Piala Asia 2023 Qatar, antara Indonesia vs Vietnam digelar di Stadion Abdulah bin Khalifa, pada Jumat, (19/1/2024).

Dikatakan Troussier, dirinya melihat Indonesia bermain pantang menyerah meski akhirnya harus takluk di tangan Irak.

Baca Juga:
Persib Buka Pintu Rekrut Dua Pemain Ini, Bojan Hodak Ungkap Syaratnya

"Kekuatan terbesar tim Indonesia adalah kekuatan semangat tim. Meski kalah dari tim Irak, mereka menunjukkan semangat, dan daya juang yang tinggi, juga memiliki keseimbangan dalam menyerang dan bertahan," kata Troussier.

Dalam laga itu, meski terpaut ranking FIFA yang cukup jauh di mana Indonesia berada di peringkat 146 dunia, dan Irak di posisi 63.

Namun, tim Garuda mampu memberikan perlawanan ketat terhadap tim Singa Mesopotamia, dan sempat bermain sama kuat 1-1 sebelum kemudian takluk dengan defisit dua gol.

Baca Juga:
Duel Indonesia vs Vietnam di Piala Asia, Shin Tae-yong: Tak Ada Pilihan Lain, Selain...

Selain secara keseluruhan tim, juru taktik asal Prancis itu juga mewaspadai beberapa pemain Indonesia, seperti Marselino Ferdinan, striker Rafael Struick, serta gelandang Justin Hubner dan Ivar Jenner.

"Mungkin saya paling terkesan dengan pemain bernomor punggung 7, Marselino Ferdinan. Selain itu, pemain nomor 11 Rafael, dan gelandang tengah Indonesia juga sangat kuat serta agresif," kata Troussier.

Pria berusia 68 tahun itu, menilai peluang kedua tim pada laga nanti adalah sama kuat atau sama-sama 50 persen, di mana pemenang akan ditentukan oleh siapa yang bermain disiplin sejak peluit berbunyi, dan tidak membuat kesalahan sekecil apapun.

Baca Juga:
Prediksi Skor, H2H, Susunan Pemain Laga Mesir vs Ghana di Piala Afrika, Siapa yang Bakal Menang?

Ia mengatakan, siapapun yang keluar sebagai pemenang, dan berkesempatan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

"Saya berharap seluruh pemain Vietnam bermain maksimal, karena pertandingan ini bisa dibilang tidak ada bedanya dengan Final Piala AFF atau SEA Games," kata Troussier.

"Tim yang menang akan memiliki peluang besar untuk bersaing memperebutkan tiket untuk melanjutkan kiprahnya," tambahnya. 

Baca Juga:
Piala Afrika: Pratinjau Pertandingan Pantai Gading vs Nigeria, Prediksi Skor, H2H, dan Susunan Pemain

Load More