Rauhanda Riyantama
Selebrasi Ansu Fati menirukan gaya Sergio Aguero usai bobol gawang Dynami Kiev di Liga Champions. (SERGEI SUPINSKY / AFP)

Bolatimes.com - Roda kehidupan berputar sangat cepat buat Ansu Fati. Sempat digadang-gadang sebagai penerus Lionel Messi di Barcelona, justru kini mulai terbuang.

Kabar terkini dari The Athletic, Ansu Fati dikabarkan segera merapat ke klub Liga Inggris, Brighton & Hove Albion. Sebelumnya, ia sempat dirumorkan ke Tottenham Hotspur.

Transfer ini tidak permanen, Ansu Fati hanya dipinjamkan semusim ke Brighton dan Barcelona kabarnya sudah memberi izin untuk menjalani tes medis pada Kamis (31/8).

Baca Juga:
Profil Ahmet Agamyradow, Pelatih Turkmenistan U-23 yang Jadi Lawan Adu Taktik Shin Tae-yong

Setelah tes medis rampung, Ansu Fati bakal diresmikan sebagai pemain pinjaman selama semusim tanpa opsi pembelian permanen.

Peminjaman ini dilakukan demi membuat Ansu Fati mendapat menit bermain. Di musim ini, Ansu Fati semakin sulit mendapatkan tempat dengan hadirnya Robert Lewandowski, Ferran Torres, hingga munculnya dua pemain muda Abdee Ezzalzouli dan Lamine Yamal.

Musim ini Ansu Fati memang selalu bermain dalam tiga laga Barcelona, tapi semua dimulai dari bangku cadangan dan tanpa mencetak gol atau assist.

Baca Juga:
Cedera saat Bela Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF, Irfan Jauhari Terancam Menepi 9 Bulan

Sempat digadang-gadang menjadi penerus Messi di Barcelona, Ansu Fati kesulitan menunjukkan kualitasnya usai mengalami cedera ligamen lutut pada November 2020.

Cedera itu membuat pemain berusia 20 tahun tersebut harus absen selama hampir satu tahun. Masalahnya, setelah itu ia kerap mengalami cedera berulang.

Mulai dari cedera lutut, hamstring, hingga masalah kebugaran yang membuatnya sering absen lama membela Blaugrana. Kondisi ini tentu mempengaruhi mental, fisik, dan kualitasnya.

Baca Juga:
Panas, Dua Pemain Keturunan Indonesia Berpotensi Duel di Carabao Cup 2023

Padahal Ansu Fati menjalani debut fantastis bersama Barcelona pada musim perdananya di 2019/20. Ia berhasil mencetak 8 gol dan satu assist dari 33 pertandingan.

Di musim 2020/21 sebelum terkena cedera parah, Ansu Fati juga tampil luar biasa dengan torehan 5 gol dan 4 assist dari 10 laga. Namun sejak cedera itu menimpa, kontribusi gol dan assist Ansu Fati mulai menurun drastis.

Pada musim lalu, 2022/23, Ansu Fati sebetulnya mampu tampil cukup konsisten dengan torehan 10 gol dan 4 assist dari 51 laga. Namun, kesempatannya untuk bangkit musim ini cukup sulit karena minimnya menit bermain.

Baca Juga:
Profil Mergen Orazov, Pelatih Turkmenistan yang Usianya Selisih Dua Tahun Saja dari Stefano Lilipaly

Dengan bergabung ke Brighton, Ansu Fati diharapkan bisa mendapatkan banyak menit bermain. Terlebih, Brighton juga kehilangan Julio Ensico karena cedera dan akan tampil di Liga Europa musim ini.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More