Husna Rahmayunita
Manchester City kalahkan Burnley di pekan pertama Liga Inggris 2023-2024. (Twitter/@mancity)

Bolatimes.com - Manchester City mengawali musim Liga Inggris 2023-2024 dengan manis setelah membungkam Burnley di Stadion Turf Moor pada Sabtu (12/8/2023) dinihari WIB. Man City menang 3-0.

Erling Haaland mencetak brace pada laga tersebut, sebelum Rodri mengunci kemenangan Manchester City di pekan pertama Liga Inggris 2023-2024.

Kemenangan ini membuat Manchester City memuncaki klasemen sementara Liga Premier Inggris dengan tiga poin, demikian catatan laman resmi Liga Premier Inggris.

Baca Juga:
Cuek dengan Sindiran Sumardji, PSM Makassar Mainkan Dzaky Asraf Lawan Bali United

Jalanya laga

Sejak awal, Manchester City langsung mengambil inisiatif serangan dan membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan empat menit melalui Erling Haaland.

Berawal dari sepak pojok Phil Foden di sayap kanan, bola dikirim ke tiang jauh. Sundulan Rodri di sisi kiri kotak penalti disambar Haaland dengan sontekan dari depan gawang dan mengubah skor menjadi 1-0.

Baca Juga:
Reaksi Menohok Diego Michiels usai Disanksi Komdis PSSI, Jelaskan Kronologi Sebenarnya

Man City hampir menambah keunggulan dua menit kemudian. Kevin de Bruyne mendapatkan ruang untuk melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi bola masih melambung.

Burnley meminta tendangan penalti setelah Manuel Akanji menjepit lengan Zeki Amdouni hingga terjatuh di kotak. Namun, wasit menolak klaim penalti itu.

Burnley mulai balas menyerang pada menit ke-15, sebuah kerja sama di sayap kanan dituntaskan Luca Koleosho dengan tembakan dari tepi kotak penalti. Sayangnya belum mengarah ke kotak penalti.

Baca Juga:
Boyong Emil Audero, Inter Milan Ikuti Saran Mantan Kipernya yang Kini di Liga Indonesia?

Man City hampir kebobolan setelah Rodri melakukan sapuan sehingga bola berbelok lalu Ederson membuang. Lyle Foster menguasai bola di sisi kiri, menusuk ke kiri sebelum melepaskan tembakan melengkung, tetapi arah bola masih melenceng.

The Citizens berhasil menggandakan skor pada menit ke-36. Haaland kembali mencatatkan namanya di papan skor. Serangan dari sayap kiri diakhiri Julian Alvarez dengan sodoran mendatar di kotak penalti.

Haaland kemudian menyambarnya dengan tendangan kaki kiri ke sudut atas gawang Burnley. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk City.

Baca Juga:
Dilepas Manchester United, Real Madrid Coba Boyong David De Dea

Selepas turun minum, Manchester City mendominasi penguasaan bola.

Tim tamu berhasil mencetak gol ketiga mereka pada menit ke-75, kali ini giliran Rodri yang menjebol gawang Burnley.

Sepak pojok Man City disundul pemain Burnley, bola jatuh di kaki Rodri yang kemudian melepaskan sepakan dari jarak dekat ke sisi atas gawang Burnley. Skor menjadi 3-0.

Julian Alvarez hampir mencetak gol keempat City di 10 menit terakhir. Alvarez menusuk kotak penalti Burnley kemudian melepaskan tembakan kaki kanan, tetapi bola masih bisa dihalau kiper Burnley, James Trafford.

Tidak ada gol tambahan hingga pertandingan selesai, Manchester City menang 3-0 atas tim asuhan Vincent Kompany.

Susunan Pemain
Burnley (5-4-1): James Trafford, Roberts, O'Shea, Beyer (Manuel 74'), Vitinho, Al Dakhil, Berge (Brownhill 90+1'), Cullen, Koleosho (Brunn Larsen 60'), Foster (Redmond 90+1'), Zeki Amdouni (Zaroury 60')

Manchester City (4-2-3-1): Ederson, Walker (McAtee 90+5'), Nathan Ake (Laporte 79'), Akanji, Rico Lewis (Gvardiol 79'), De Bruyne (Kovacic 36'), Bernardo Sila, Rodri, Foden, Haaland (Palmer 80'), Alvarez.

(Antara)

Load More