Husna Rahmayunita | Gagah Radhitya Widiaseno
Pemain Timnas Indonesia Marc Klok (kedua kanan) bersitegang dengan pemain Timnas Vietnam usai rekannya dilanggar keras dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom)

Bolatimes.com - Timnas Vietnam dilaporkan ingin menaturalisasi pemain Brasil untuk memperkuat tim Piala Asia 2023. Langkah ini seperti yang dilakukan Timnas Indonesia.

Diketahui, Timnas Indonesia memang tengah gencar melakukan naturalisasi pemain. Rival Skuad Garuda, Vietnam pun tak tinggal diam. Mereka juga memliki rencana yang sama dengan melakukan naturalisasi.

Dilansir dari The Thao 247, Vietnam inginkan dua pemain asal Brasil untuk dinaturalisasi. Mereka yakni Rafaelson dan Hendrio.

Baca Juga:
Dua Pemain Senior Dicoret dari Timnas Voli Putra Indonesia Jelang Asian Men's Volleyball Championship 2023

Kedua pemain ini dinilai layak untuk menjadi pemain Vietnam karena profesionalitasnya.

Namun, proses naturalisasinya tak bisa berjalan mulus. Pasalnya, kedua pemain ini bukanlah pemain yang memiliki darah Vietnam.

Dalam hukum sepak bola Vietnam, warga negara asing tanpa asal Vietnam yang ingin mengajukan kewarganegaraan Vietnam harus memiliki minimal 5 tahun tinggal di Vietnam.

Baca Juga:
Thomas Doll Capek Bahas Pemain Persija Jakarta Dipanggil Timnas Indonesia U-23, Ogah Ribut dengan STY?

Kedua pemain tersebut belum mencapai syarat untuk dilakukan naturalisasi. Di Liga Vietnam 2023, Rafaelson dan Hendrio sama-sama pemain asing yang menunjukkan kualitas sepadan dengan gajinya untuk klub mereka.

Pemain asing Liga Vietnam asal Brasil jebolan La Masia, Hendrio berhasrat membela Vietnam (The Thao 247)

Tak pelak, Vietnam ingin segera melakukan naturalisasi. Kedua pemain ini memiliki skill di atas rata-rata.

Sementara itu, Timnas Indonesia tengah disibukkan untuk mencari pemain naturalisasi untuk memperkuat skuad Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Nasibnya Masih Abu-abu, Elkan Baggott Bantu Ipswich Town Menang di Carabao Cup

Dua nama yang tengah gencar disorot yakni Mees Hilgers dan Thom Haye. Namun hingga saat ini, PSSI belum memberikan informasi valid mengenai siapa pemain yang akan dinaturalisasi.

Load More