Rauhanda Riyantama
Cristiano Ronaldo mencetak gol dalam kemenangan 3-1 Al Nassr atas wakil Maroko, Raja Casablanca dalam laga perempat final Liga Champions Arab 2023 di Prince Sultan bin Abdul Aziz Stadium, Minggu (6/8/2023). [Twitter/@AlNassrFC_EN]

Bolatimes.com - Berikut daftar empat tim yang berhasil lolos ke semifinal Arab Club Champions Cup, di mana salah satunya adalah klub yang dibela Cristiano Ronaldo, Al Nassr.

Saat ini, jagat sepak bola di Tanah Arab tengah disibukkan dengan kompetisi bertajuk Arab Club Champions Cup 2023 yang telah digelar sejak Juli 2023.

Ajang ini sendiri diikuti oleh klub-klub dari negara-negara Arab yang tergabung di UAFA atau Federasi Sepak Bola Uni Arab.

Baca Juga:
Sebut Timnya Bagus, Marselino Ferdinan Pede KMSK Deinze Bisa Promosi ke Kasta Tertinggi Liga Belgia

Tercatat, klub-klub yang bertanding tak hanya dari Tanah Arab yang ada di Asia, melainkan juga dari negara-negara Arab di Afrika.

Tak ayal, gengsi kompetisi ini pun layaknya kompetisi Liga Champions Asia bahkan Liga Champions Eropa, mengingat banyaknya bintang-bintang top di ajang ini.

Marak bintang-bintang top di ajang ini tak lepas dari sepak terjang klub-klub Arab Saudi yang banyak memboyong pemain Eropa dengan label mahal.

Baca Juga:
Siap Kerja Keras, Marselino Ferdinan Bertekad Bawa KMSK Deinze Promosi ke Kasta Tertinggi Liga Belgia

Sebut saja tim-tim seperti Al Ittihad, Al Hilal, Al Shabab, dan Al Nassr yang banyak memboyong bintang-bintang ternama dari klub-klub Eropa.

Keempat tim Arab Saudi ini pun turu berkiprah di ajang Arab Club Champions Cup 2023 dan bersaing dengan klub-klub dari berbagai negara-negara Arab di Asia dan Afrika.

Saat ini, Arab Club Champions Cup 2023 telah memasuki babak semifinal. Tercatat ada empat tim yang sudah memastikan tempat di fase tersebut.

Baca Juga:
Striker Jebolan Garuda Select Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23, Jadi Andalan STY di Piala AFF U-23 2023?

Tim mana saja itu? Apakah seluruh klub Arab Saudi yang memboyong bintang mahal Eropa bisa menembus semifinal Arab Club Champions Cup 2023?

1. Al Hilal

Al Hilal menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak semifinal Arab Club Champions Cup 2023, usai tampil apik di babak gugur.

Baca Juga:
Rapor Pemain Timnas Indonesia di Eropa: Elkan Baggott Gagal Debut, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh Raih Hasil Kontras

Meski tersendat di fase grup dengan menjadi Runner Up di belakang tim Qatar, Al Sadd SC, Al Hilal mampu berbicara banyak di babak gugur dengan mengalahkan tim bertabur bintang lainnya, Al Ittihad.

Di laga melawan Al Ittihad yang dibela Karim Benzema dan N'Golo Kante, Al Hilal yang dihuni Kalidou Koulibaly, Sergej Milinkovic-Savic, Malcom, dan Ruben Neves berhasil menang 3-1 dan lolos ke semifinal.

2. Al Nassr

Al Nassr yang dihuni bintang seperti Cristiano Ronaldo, Sadio Mane, Seko Fofana, dan Marcelo Brozovic, berhasil lolos ke semifinal Arab Club Champions Cup 2023.

Al Nassr berhasil lolos ke semifinal usai mengandaskan perlawanan tim papan atas Maroko, yakni Raja Casablanca di babak perempat final dengan skor 3-1.

Di laga tersebut, Cristiano Ronaldo dan Seko Fofana mampu menyumbangkan satu gol dalam kemenangan Al Nassr atas lawannya itu.

3. Al Shabab

Al Shabab memang tak seroyal Al Ittihad, Al Hilal, dan Al Nassr. Tapi klub Arab Saudi ini bisa menembus semifinal Arab Club Champions Cup 2023 dengan mudah.

Menghadapi tim Uni Emirat Arab, Al Wahda, Al Shabab berhasil memastikan tempat di semifinal usai menang lewat drama adu penalti.

Kiprah ini memperpanjang catatan apik Al Shabab yang di fase grup mampu mengungguli Al Nassr di klasemen grup C.

4. Al Shorta

Al Shorta menjadi satu-satunya klub non Arab Saudi di semifinal Arab Club Champions Cup 2023. Diketahui, klub ini sendiri berasal dari Irak.

Al Shorta sendiri juga tampil solid sejak fase grup ajang ini, dengan finis sebagai Runner Up grup A di belakang Al Ittihad dan berhasil ke perempat final.

Di babak perempat final, Al Shorta membuat kejutan dengan mengalahkan Al Sadd 4-2 dan berhak melangkah ke semifinal.

Semifinal Arab Club Champions Cup 2023:

Rabu (9/8/23) Pukul 22.00 WIB – Al Shorta vs Al Nassr
Kamis (10/8/23) Pukul 01.00 WIB – Al Hilal vs Al Shabab

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More