Rauhanda Riyantama
Andre Onana bersama Manchester United. (Instagram/manchesterunited)

Bolatimes.com - Berikut deretan kiper baru di ajang Liga Inggris atau Premier League musim 2023/2024 sejauh ini, di mana salah satunya adalah Andre Onana yang baru bergabung Manchester United.

Kompetisi Liga Inggris atau Premier League musim 2023/2024 dipastikan akan banyak kedatangan pemain baru yang diboyong oleh klub-klub kontestannya pada bursa transfer musim panas 2023 ini.

Hingga artikel ini dibuat, Kamis (3/8), kompetisi terpopuler di dunia ini telah kedatangan 174 pemain baru dari 20 klub pesertanya.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Kena Comeback, PSM Makassar Tumbang atas Tamunya Persik Kediri

Dari 174 pemain yang datang, beberapa di antaranya adalah pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang atau kiper.

Ya, posisi tersebut saat ini menjadi salah satu posisi yang diminati banyak klub Liga Inggris 2023/2024 demi bisa bersaing di papan atas dan menutupi kepergian kiper-kiper sebelumnya.

Tercatat ada lima kiper baru yang didatangkan oleh klub-klub Liga Inggris untuk musim 2023/2024 mendatang. Siapa saja kiper tersebut? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Pamer Klub Baru, Pemain Keturunan Ilias Alhaft Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

1. Andre Onana (Manchester United)

Andre Onana menjadi kiper bernama besar yang baru berlabuh di Liga Inggris 2023/2024 usai didatangkan oleh Manchester United dari Inter Milan dengan harga 53,5 juta euro (Rp870 miliar).

Ia didatangkan untuk menggantikan David De Gea yang telah cabut karena kontraknya habis. Kedatangan Onana pun dibarengi ekspektasi besar karena kiprah menawannya bersama Inter Milan musim lalu.

Baca Juga:
Belum Turunkan Semua Pemain, Bima Sakti Ubah Formasi Timnas U-17 saat Hadapi Kashima Antlers?

2. Guglielmo Vicario (Tottenham Hotspur)

Tottenham Hotspur juga memboyong kiper baru pada diri Guglielmo Vicario dari Empoli dengan harga cukup wah, yakni 16 juta euro (Rp265 miliar).

Vicario didatangkan untuk menggantikan Hugo Lloris yang berniat angkat kaki, usai membela Tottenham Hotspur selama satu dekade lebih.

Baca Juga:
5 Legenda Pengguna Nomor 15 di Persib Bandung Sebelum Levy Madinda

3. James Trafford (Burnley)

Tim promosi, Burnley, juga memilih mendatangkan kiper baru dari akademi Manchester City, yakni James Trafford, dengan harga terbilang fantastis yakni 15 juta euro (Rp248 miliar).

Bukan tanpa alasan Burnley harus mengeluarkan dana sebesar itu untuk kiper yang belum pernah bermain di level teratas. Sebab, Trafford punya catatan apik dengan membawa Timnas Inggris menjuarai Euro U-21 2023.

4. Mark Flekken (Brentford FC)

Brentford FC juga turut mendatangkan kiper baru pada sosok Mark Flekken yang diboyong dari klub Jerman, Freiburg, dengan harga 10 juta euro (Rp165 miliar).

Biaya tersebut dikeluarkan Brentford karena kiper utamanya, David Raya, memutuskan hengkang di musim panas 2023 ini, di mana Arsenal dikabarkan akan menjadi pelabuhannya.

5. Bart Verbruggen (Brighton)

Brighton sejatinya tak membutuhkan kiper baru. Tapi klub berjuluk The Seagulls ini memutuskan mendatangkan kiper muda berusia 20 tahun dari Belanda bernama Bart Verbruggen.

Ia ditebus dari Anderlecht dengan harga 10 juta euro (Rp165 miliar). Meski baru berusia 20 tahun, ada kemungkinan Bart Verbruggen akan menjadi kiper utama Brighton, menggusur Jason Steele dan Robert Sanchez.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More