Rauhanda Riyantama
Karim Benzema (tengah) resmi berseragam klub Liga Arab Saudi atau Saudi Pro League, Al Ittihad. [Twitter/@ittihad_en]

Bolatimes.com - Menggilanya jual-beli pemain musim panas 2023 bikin dua pelatih top dunia khawatir, omelan Jurgen Klopp dan Pep Guardiola seolah mempertanyakan kapan tutupnya bursa transfer di Liga Arab Saudi.

Jurgen Klopp mengaku khawatir dengan aktivitas transfer Liga Arab Saudi di musim panas 2023, UEFA dan FIFA didesak untuk segera mengatasi.

Kekhawatiran Klopp bukan tanpa alasan karena saat jendela transfer Eropa sudah ditutup, jual-beli pemain di Liga Arab Saudi masih terbuka lebar.

Baca Juga:
Piala AFF U-23 Bukan Prioritas, Berikut Sederet Bintang yang Kemungkinan Tak Dipanggil Shin Tae-yong

Kapan bursa transfer Liga Arab Saudi ditutup tengah menjadi pertanyaan besar bagi banyak kalangan, termasuk Jurgen klopp.

"Pengaruh Arab Saudi? Kita lihat saja. Saya tidak tahu. Saat ini sepertinya mereka memiliki pengaruh cukup besar, sangat masif." ucap Klopp dikutip dari AFP.

Lantas kapan bursa transfer Liga Arab Saudi bakal ditutup? usut punya usut berselang tiga pekan setelah jendela transfer Eropa ditutup.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2023: Kena Comeback, PSM Makassar Tumbang atas Tamunya Persik Kediri

Bursa transfer Liga Arab Saudi tepatnya ditutup pada 20 September mendatang, kondisi yang membuat klub-klub Eropa ketar-ketir.

Mereka tak tenang karena bisa kapan saja sepanjang belum menyentuh tanggal tersebut para pemain masih bisa diculik untuk hijrah ke Arab.

Sebaliknya klub-klub Benua Biru tak memiliki cukup kekuatan untuk bisa mendapatkan pemain yang setara dengan pemain yang dilepaskan.

Baca Juga:
Pamer Klub Baru, Pemain Keturunan Ilias Alhaft Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

Pep Guardiola selaku pelatih Manchester City merasa kehadiran klub-klub Liga Arab Saudi di bursa transfer merupakan sebuah ancaman.

Bukan secara personal terhadap klub-klub, melainkan Arab Saudi mampu membuat liga yang lebih kompetitif ketimbang liga-liga di Eropa, termasuk Premier League.

"Ini bukan tentang ancaman, ini adalah kenyataan. Mereka sedang membuat liga yang kuat dan sejauh ini bisa melakukannya," ucap Pep Guardiola.

Baca Juga:
Belum Turunkan Semua Pemain, Bima Sakti Ubah Formasi Timnas U-17 saat Hadapi Kashima Antlers?

"Liga Inggris bisa belanja besar karena organisasi mereka lebih baik dan pendapatan juga tinggi.''

"Sekarang dengan keadaan Liga Arab Saudi, saya tidak tahu seberapa lama mereka bisa mempertahankan itu.''

"Tapi saat ini pemain ingin mendapat pengalaman untuk bertanding di sana.''

"Arab Saudi sudah mengubah pasar," imbuhnya.

Kontributor: Eko
Load More