Husna Rahmayunita | Gagah Radhitya Widiaseno
Para pemain timnas Malaysia saat merayakan gol dalam laga matchday pertama Grup B Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Stadion Bisham, Singapura, Senin (6/12/2021). [AFF Suzuki Cup 2020]

Bolatimes.com - Timnas Malaysia terancam batal menggelar Piala Merdeka 2023 setelah dua calon rivalnya dikabarkan mundur dari turnamen tersebut. 

Seperti diketahui, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) menggelar Piala Merdeka 2023 yang dilangsungkan 14-17 Oktober 2023.

Mereka telah mengantongi tiga tim yang akan mengikuti turnamen tersebut yakni Lebanon, India, dan Palestina.

Baca Juga:
Sinyal Kuat Mees Hilgers Jadi Pemain Naturalisasi Terbaru Timnas Indonesia, Ibunya Terciduk di Bali

Namun FAM mendapatkan kabar buruk sebelum Piala Merdeka 2023 digelar. Lewat unggahan akun Instagram media Malaysia, @malaysiafootballleague menyebutkan kalau duo tim mundur dari turnamen.

Mereka diantaranya Palestina dan Lebanon. Mundurnya duo tim ini ternyata ada hubungannya dengan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Mereka tergabung di grup I pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sehingga mengurungkan niat untuk berduel di Piala Merdeka 2023.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-17 vs Barcelona Juvenil A, Live di TV Ini

"Palestina dan Lebanon berada di grup yang sama untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Jadi, mereka mundur dari Piala Merdeka (2023)," tulis @malaysiafootballleague.

"FAM akan memiliki rencana dalam hal ini segera. Jika salah satu negara mundur, FAM perlu segera mencari penggantinya sebelum Oktober 2023," tambahnya.

Baca Juga:
Media Vietnam Panas Timnas Indonesia Bakal Ketambahan Pemain Naturalisasi Baru

Namun belum diketahui pasti siapa pengganti dari kedua tim yang mundur tersebut. Akankah Timnas Indonesia akan diberi kesempatan oleh FAM untuk berpartisipasi di Piala Merdeka 2023 mendatang.

Jika menilik dari agenda Timnas Indonesia sendiri, peluang untuk ikut kecil. Di bulan Oktober 2023, Timnas Indonesia akan menjalani bebak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama melawan Brunei Darussalam.

Baca Juga:
3 Pebasket Terkaya di Dunia, LeBron James Punya Kekayaan Rp 18 Triliun

Load More