Rauhanda Riyantama
Suasana di salah satu sudut Anfield, markas Liverpool. [LLUIS GENE / AFP]

Bolatimes.com - Daftar stadion di dunia yang membuat pemain tim lawan terintimidasi hingga minder saking berisiknya dukungan untuk tim tuan rumah.

Intimidasi, berbalas chant hingga menimbulkan suasana riuh di dalam stadion merupakan aksi yang wajib dilakukan para suporter.

Suporter sepak bola akan terdengar sangat gaduh dengan nyanyian mereka sebagai simbol dukungan untuk tim kesayangan.

Baca Juga:
Hasil Japan Open 2023: Tak Berdaya, Fajar/Rian Kalah Lee Yang/Wang Chi Lin di Babak Semifinal

Khususnya suporter tuan rumah yang akan memberikan seluruh kekuatan demi dukungan agar tim kesayangan memetik kemenangan.

Terdapat beberapa stadion di seluruh dunia yang dianggap paling berisik bersama suporter-suporter setia yang selalu memenuhi tribun.

Lantas stadion mana saja? berikut ini deretan stadion dengan suporter paling berisik yang ada di seluruh dunia.

Baca Juga:
AMSI, AJI, IJTI dan IDA Minta Presiden Cari Jalan Terbaik untuk Perpres Publishers Rights

1. Stadion Anfield (Liverpool)

Stadion Anfield termasuk dalam salah satu stadion terbaik di dunia, khususnya soal penuhnya bangku penonton, popularitas hingga status menterengb The Kop.

Sebagai single stand tier terbesar di dunia, Kop mampu menampung suporter tuan rumah yang akrab disapa sebagai Kopites.

Baca Juga:
Sepak Terjang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia, Ini Pencapaian yang Paling Jauh

Survei di tahun 2011 oleh Fan Chants menyebut jika fan Liverpool menaikkan level desibel sebesar 97 dengan nyanyian dan jadi paling berisik di Premier League.

Old Trafford saja kalah, markas Setan Merah alias Manchester United itu berada di urutan kedua dengan besaran 94 desibel.

2. San Paolo (Napoli)

Baca Juga:
Main Impresif Saat Ipswich Town Kalahkan RB Leipzig, Elkan Baggott Dapat Pujian Selangit dari Pelatih

Memiliki total 60.240 kapasitas penonton, San Paolo merupakan stadion sepak bola terbesar ketiga di Italia, sejarahnya tak lepas dari Stadion Olimpico.

Masuk dalam daftar stadion paling berisik di dunia, pengunjung yang pernah mendatangi stadion ini pasti berkomentar jika seluruh kota terlihat berguncang ketika isi stadion bergemuruh.

Kini San Paolo sudah diubah namanya menjadi Stadion Diego Armando Maradona, nama yang dipakai setelah kematian legenda Napoli dan Timnas Argentina itu.

3. Westfalenstadion (Borussia Dortmund)

Stadion yang kini bernama Signal Iduna Park, tempat di mana para suporter Borussia Dortmund memberikan seluruh tenaga mereka.

Hingga menjadikan Westfalenstadion menjadi tempat paling tak bersahabat bagi para lawan Borussia Dortmund.

Berkapasitas 24.454 penonton, memiliki sisi South Bank dengan kerumunan suporter berseragam kuning berjuluk Yellow Wll.

4. Stadion Inonu (Besiktas)

Stadion ini hanya memiliki kapasitas 32.145 penonton, terbilang kecil tapi tingkat kebisingannya jauh di atas Anfoeld Liverpool, yakni dengan 132 desibel.

Tingkat kebisingan seperti itu dijamin membuat para lawan tak berkutik, kebisingannya bahkan bisa untuk mengalahkan suara guntut dan pesawat terbang.

5. Turk Telecom Arena (Galatasaray)

Turk Telecom Arema menjadi stadion pemegang rekor paling berisik di dunia, dengan tingkat kebisingan mencapai 131,76 desibel.

Mimpi buruk pernah dialami para pemain Manchester United, tepatnya di tahun 1993 dalam lawatan ke markas Galatasaray.

Tak hanya berisiknya isi stadion, namun juga dengan spanduk provokasi bertulis 'Selamat datang di Negara' dan 'Hai Man United, ini adalah 48 jam terakhir Anda'.

Kontributor: Eko
Load More