Rauhanda Riyantama
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos ke semifinal Japan Open 2023. (Instagram/badminton.ina)

Bolatimes.com - Ganda ranking satu dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal lolos ke final Japan Open 2023 usai dikalahkan wakil China Taipe, Lee Yang/Wang Chi Lin dua game langsung dengan skor 19-21, 10-21, Sabtu (29/7/2023).

Pada game pertama Fajar/Rian sudah melalukan pengejaran ketertinggalan poin dari poin 16-20 menjadi 19-20 namun mereka gagal menyamakan kedudukan, dan pada game kedua Fajar/Rian banyak melakukan kesalahan sendiri dan sering eror.

Usai terhenti di babak semifinal Japan Open, pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menyatakan bahwa fokus utama mereka adalah memperbaiki performa agar dapat meraih tiket menuju Olimpiade 2024 di Paris.

Baca Juga:
AMSI, AJI, IJTI dan IDA Minta Presiden Cari Jalan Terbaik untuk Perpres Publishers Rights

Mereka menyadari bahwa semua pemain pasti ingin tampil di Olimpiade tahun depan, dan mereka akan berhati-hati serta belajar dari semua lawan yang mereka hadapi.

“Semua pasti mau tampil di Olimpiade tahun depan. Ini yang harus kami waspadai dan pelajari dari semua lawan,” kata Fajar dikutip dari keterangan tertulis PBSI, dikutip pada Sabtu (29/7/2023).

Fajar mengatakan, Lee Yang/Wang Chi Lin bukanlah pemain baru, mereka adalah peraih medali emas Olimpiade, dan performa setiap pemain tentu memiliki pasang surut. Saat ini, pasangan Taiwan tersebut sedang menunjukkan peningkatan kinerja yang wajar.

Baca Juga:
Sepak Terjang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia, Ini Pencapaian yang Paling Jauh

Fajar/Rian juga mengakui bahwa pasangan Taiwan terus memberikan tekanan dan serangan yang sulit mereka antisipasi dengan baik. Mereka telah mencoba berbagai cara, mulai dari drive hingga defense, namun tetap kesulitan mengatasi tekanan tersebut karena permainan lawan yang sangat agresif.

Meskipun hasil pertandingan tersebut tidak sesuai dengan harapan, Fajar/Rian mengakui bahwa Lee/Wang tampil lebih baik pada hari itu. Mereka memiliki kecepatan dan kekuatan yang luar biasa.

Dalam turnamen berkategori BWF Super 500 tersebut, Fajar/Rian menjadi salah satu dari tiga wakil Indonesia yang berhasil mencapai babak semifinal.

Baca Juga:
Main Impresif Saat Ipswich Town Kalahkan RB Leipzig, Elkan Baggott Dapat Pujian Selangit dari Pelatih

Dua pebulu tangkis Indonesia lainnya yang akan bermain di babak semifinal ialah tunggal putra Jonatan Christie dan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Jonatan akan bertanding melawan wakil India Lakshya Sen, sementara Gregoria akan menghadapi tunggal putri China, He Bing Jiao.

Load More