Rauhanda Riyantama
Bek Wrexham AFC, Ben Tozer saat melakukan lemparan ke dalam ala Pratama Arhan saat kalahkan Manchester United. (TikTok)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Ben Tozer, bek milik tim kasta keempat Inggris, Wrexham AFC, yang punya skill lemparan jauh mirip bintang Timnas Indonesia, Pratama Arhan.

Laga pramusim klub-klub Eropa di Amerika Serikat menghadirkan momen unik saat Wrexham menghadapi Manchester United, Rabu (26/7) kemarin.

Dalam laga tersebut, Wrexham berhasil mengalahkan Manchester United yang tampil dengan mayoritas pemain mudanya dengan skor 3-1.

Baca Juga:
Pemain Tottenham Gabriel Han Willhoft-King Batal Dipanggil ke Timnas Indonesia U-17, Ini Alasannya

Tiga gol tim yang baru promosi ke League Two atau kasta keempat itu dibuat oleh Elliot Lee di menit ke-29, Aaron Hayden di menit ke-36, dan Sam Dalby di menit ke-69.

Sedangkan satu-satunya gol yang dibuat Manchester United dicetak oleh pemain mudanya, yakni Marc Jurado di penghujung babak pertama.

Dari empat gol yang tercipta di laga tersebut, ada momen unik yang dibuat Wrexham saat satu golnya ke gawang Manchester United tercipta dari lemparan jauh pemainnya, yakni Ben Tozer.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Bisa Diuntungkan Jika Hadapi Sri Lanka di Babak I Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Ben Tozer melakukan lemparan jauh seperti Pratama Arhan saat mengambil lemparan ke dalam yang membuat Wrexham berhasil mencetak gol kedua lewat Aaron Hayden di menit ke-36.

Karena aksi lemparan jauhnya yang mirip Pratama Arhan dan bisa menjebol gawang Manchester United, Ben Tozer pun menjadi perbincangan.

Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari Ben Tozer selaku pemilik skill lemparan jauh dari Wrexham AFC.

Baca Juga:
Malut United, Klub Bertabur Bintang yang Siap Ramaikan Liga 2 2023

Mantan Penggawa Newcastle United

Ben Tozer merupakan pesepak bola asal Inggris yang lahir pada 1 Maret 1990 atau 33 tahun silam dengan nama lengkap Ben Peter Anthony Tozer.

Ben Tozer sendiri berposisi asli sebagai bek tengah. Namun ia juga bisa dipasang sebagai Fullback seperti posisi yang ditempati Pratama Arhan.

Baca Juga:
Tak Takut Hadapi Pemain Eropa, Jebolan Garuda Select Bidik Posisi Utama Timnas Indonesia U-17

Karier Ben Tozer bermula di akademi Plymouth Argyle. Tapi saat menapaki karier profesional, ia membelot dan mengawali karier bersama Swindon Town.

Tak sampai semusim setelah membela Swindon Town, Ben Tozer dipinang oleh Newcastle United dan diberikan kontrak berdurasi 4,5 tahun.

Sayangnya, kiprahnya di Newcastle tak berjalan mulus. Di 2,5 musim pertamanya, Ben Tozer hanya menjadi pemain cadangan.

Pada 2010, Newcastle memutuskan meminjamkannya ke Northampton Town. Peminjaman ini kemudian membuatnya dipermanenkan dengan status bebas transfer.

Di Northampton Town, Ben Tozer menjadi andalan dan membela tim tersebut hingga 2015. Setelahnya, ia pun hanya membela tim-tim kasta bawah Inggris.

Usai membela Northampton Town, Ben Tozer sempat bermain bagi Yeovil Town, Newport County, hingga Cheltenham Town dari 2015 hingga 2021.

Barulah pada musim panas 2021 lalu, Ben Tozer diboyong oleh tim kasta kelima atau National League, yakni Wrexham AFC dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Kepindahannya ini pun menjadi berkah baginya. Sebab, ia berhasil membawa Wrexham promosi ke League Two dan dirinya masuk daftar 11 pemain terbaik National League 2022/2023.

Sebagai bek, Ben Tozer ternyata punya spesialisasi unik yakni lemparan jarak jauh yang ia pelajari dari Rory Delap, pemain Stoke City yang dikenal sebagai raja lemparan jarak jauh.

Spesialisasi Ben Tozer ini tak hanya ditunjukkan di laga kontra Manchester United baru-baru ini. sebelumnya, pada ajang National League, ia mampu memberi assist lewat lemparan jauhnya bagi gol Sam Dalby saat menang 3-0 atas York City.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More