Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Wanita Filipina, Sarina Bolden. (Instagram/fifawomensworldcup)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Sarina Bolden, pemain yang membawa Timnas Wanita Filipina mencetak sejarah di ajang Piala Dunia Wanita 2023.

Timnas Wanita Filipina belum lama ini membuat sejarah dengan berhasil meraih kemenangan di Piala Dunia Wanita 2023 dalam lanjutan grup A, Selasa (25/7).

Kemenangan itu didapat oleh The Malditas atas salah satu tuan rumah penyelenggaraan sekaligus kandidat juara, yakni Selandia Baru dengan skor 1-0.

Baca Juga:
Usai Pamer Promosi ke Tim Utama Wolves, Justin Hubner Cuma Jadi Penonton

Adapun satu-satunya pencetak gol kemenangan bagi Filipina dicetak oleh penyerang andalannya, yakni Sarina Bolden di menit ke-24.

Gol tunggal Sarina Bolden itu cukup mengantarkan Filipina meraih kemenangan perdananya di kesertaan pertamanya pada Piala Dunia Wanita.

Di sisi lain, gol tunggalnya itu juga membuat Filipina berpotensi melangkah jauh ke babak 16 besar, andai di partai terakhir The Malditas mampu mengalahkan Norwegia dan Selandia Baru imbang atau tumbang dari Swiss.

Baca Juga:
Pemain Persita Tangerang Blak-blakan Ingin Bela Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong Tertarik?

Berkat golnya itu, nama Sarina Bolden pun menjadi perbincangan khalayak ramai. Berikut Bolatimes.com sajikan profil serta sepak terjang penyerang Timnas Wanita Filipina itu.

Pemain Keturunan Amerika Serikat

Sarina Bolden merupakan penyerang Timnas Wanita Filipina yang lahir di California, Amerika Serikat, pada 30 Juni 1996 atau 27 tahun silam.

Baca Juga:
Persib Bandung Tunjuk Bojan Hodak Jadi Pelatih Baru, Netizen: Sungguh Di Luar Nurul

Ia memulai kiprahnya di sepak bola wanita di bangku sekolah, saat menimba ilmu di Milpitas High School. Saat itu, Sarina tak hanya bermain sepak bola, melainkan juga masuk ke tim Softball.

Kiprahnya di kancah sepak bola pada usia sekolah mampu membawa Milpitas High School menjuarai gelar dan menorehkan prestasi cemerlang.

Tercatat Sarina mampu membawa sekolahnya menjuarai SCVAL El Camino Division pada 2015 dan membuatnya masuk daftar pemain terbaik ajang tersebut sejak 2013 hingga 2015.

Baca Juga:
Profil Bojan Hodak, Pelatih Baru Persib Bandung Pengganti Luis Milla

Lalu di bangku kuliah, Sarina bermain bagi Loyola Marymount University. Ia juga berhasil masuk daftar pemain terbaik West Coast Conference First Team dan NSCAA All-West Region.

Usai lulus kuliah, Sarina menapaki karier di level klub profesional dengan bermain untuk tim kasta ketiga Swedia, Sandvikens IF pada 2019.

Pada 2020, Sarina bermain bagi Xinbei Hangyuan di Taiwan Mulan Football League dan kemudian berlanjut di San Francisco Nighthawks di Amerika Serikat pada 2021.

Sarina pun juga sempat bermain di Jepang bersama Eifen Saitama pada 2021 dan 2022, sebelum akhirnya kini bergabung Western Sydney Wanderers di Australia.

Lahir di Amerika Serikat, Sarina sempat membela Timnas Wanita Amerika Serikat U-23 pada 2017 lalu. Di tahun yang sama pula, ia dipanggil mengikuti kamp pelatihan Timnas Wanita Filipina.

Saat mengikuti kamp pelatihan Timnas Wanita Filipina itu, Sarina mampu menarik atensi pelatih kepala, yakni Richard Boon.

Alhasil, Sarina pun dipanggil ke Timnas Wanita Filipina yang bermain di Piala Asia Wanita 2018, dan berlanjut ke ajang-ajang internasional lainnya.

Tercatat, Sarina telah 37 kali tampil bagi Timnas Wanita Filipina dan berhasil mencetak 22 gol bagi The Malditas, termasuk mempersembahkan gelar Piala AFF Wanita 2022 lalu.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More