Rauhanda Riyantama
Kiper baru Manchester United, Andre Onana. (Twitter/@TheCameroonianZ)

Bolatimes.com - Kehadiran Andre Onana di Manchester United merubah peta dari daftar kiper termahal dalam sejarah, adik eks pemain Persikad Depok itu masuk dalam daftar.

Andre Onana didatangkan Manchester United dari Inter Milan tepat setelah Erik ten Hag memastikan ditendangnya David De Gea dari Old Trafford.

Erik ten Hag dikabarkan tidak memberi tanda tangannya terhadap kontrak perpanjangan David De Gea dengan nominal gaji yang masih tinggi.

Baca Juga:
Kejutan 4 Pemain Diaspora Dicoret dari TC Timnas Indonesia U-17, Siapa Saja?

Menariknya nominal banderol yang dikeluarkan Man United untuk Onana terbilang besar, bahkan membuat kiper asal Kamerun itu masuk daftar termahal.

Tak hanya di Liga Inggris, tetapi termahal sepanjang sejarah sepak bola mengikuti tiga kiper Liga Inggris lainnya.

Lantas siapa saja kiper termahal sepanjang sejarah? berikut daftar kiper yang dibanderol dengan nominal besar.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Pamer Potret Nyentrik, Disebut Mirip Bintang Korea Oleh Rekannya di Jeonnam Dragons

1. Kepa Arrizabalaga (Chelsea)

Kiper asal Spanyol ini berada di puncak teratas penjaga gawang termahal sepanjang sejarah saat didatangkan Chelsea dari Athletic Bilbao.

Kepa dibanderol dengan harga 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun dan menjadikannya termahal, melampaui harga kiper Liverpool, Alisson Becker.

Baca Juga:
Debut Manis, Momen Lionel Messi Cetak Gol Cantik untuk Kemenangan Inter Miami

2. Alisson Becker (Liverpool)

Doi tempat kedua, kiper Brasil milik Liverpool, Alisson Becker menjadi termahal kedua sepanjang sejarah usai didatangkan dari AS Roma.

Alisson dibanderol dengan nominal 62 juta euro atau sekitar Rp1 triliun, nominal itu membuatnya berada di atas rekan senegaranya, Ederson Moraes.

Baca Juga:
Bukan Jordi Amat atau Saddil Ramdani, Media Malaysia Puji Pemain Indonesia yang Tak Dilirik Shin Tae-yong ke Timnas

3. Andre Onana (Manchester United)

Di tempat ketiga ada Andre Onana yang baru saja didatangkan Manchester United dari Inter Milan dengan harga 52 juta euro atau sekitar Rp870 miliar.

Nilai tersebut terpaut satu juta euro dari Gianluigi Buffon yang sempat dibanderol dengan 53 juta euro atau sekitar Rp887 miliar.

4. Ederson Moraes (Manchester City)

Kiper Manchester City, Ederson Moraes berada di tempat keempat dengan nominal harga 40 juta euro atau sekitar Rp 1 triliun.

Ederson dibeli Man City dari Benfica pada 2017 lalu hingga kini masih menjadi andalan Pep Guardiola dalam skuad andalannya.

Kontributor: Eko
Load More