Rauhanda Riyantama
Pemain Real Madrid Karim Benzema menerima penghargaan Ballon d'Or 2022 dalam sebuah acara penganugerahaan di Theatre du Chatelet, Paris pada 17 Oktober 2022. ANTARA/AFP/FRANCK FIFE

Bolatimes.com - Melihat deretan pemain tertua yang baru bisa memenangkan Ballon d’Or pertamanya. Siapa saja?

Ballon d’Or merupakan salah satu penghargaan prestisius yang dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi individu di kancah sepak bola.

Penghargaan ini sendiri pertama kali dinisiasi oleh jurnalis France Football yakni Gabriel Hanot dan Jacques Ferran untuk menghargai para pemain yang tampil apik di lapangan hijau.

Baca Juga:
Marc Klok Pertanyaan Persija Jakarta yang Tak Anggap Dirinya sebagai Mantan Nomor 10

Ballon d’Or pertama kali digelar dan diadakan pada 1956. Sejak saat itu, banyak pesepak bola yang telah meraih gelar ini di setiap tahunnya.

Bahkan banyak pemain yang telah meraih gelar Ballon d’Or lebih dari sekali. Tercatat hanya ada 10 pemain saja yang bisa merengkuh gelar ini lebih dari sekali.

Di sisi lain, ada pula para pemain yang baru bisa meraih Ballon d’Or di usia senja sebagai pemain. Hal ini pun seakan mematahkan persesi bahwa para pemain yang bisa meraih gelar itu adalah pemain yang berada dalam masa jayanya.

Baca Juga:
Eks Bek Inter Milan Senggol Pelatih Tokyo Verdy usai Duel Lawan Pratama Arhan, Ada Apa?

Lantas, siapa saja pemain tertua yang mampu meraih gelar Ballon d’Or untuk pertama kalinya? Berikut daftarnya.

1. Stanley Matthews

Stanley Matthews adalah pesepak bola pertama yang meraih gelar Ballon d’Or, yakni pada tahun 1956 silam atau saat penghargaan ini pertama kali digelar.

Baca Juga:
Alasan Fahry Septian Absen Bela Timnas Voli Putra Indonesia Lawan Thailand di AVC Challenge Cup 2023

Saat itu, Stanley Matthews bermain bagi Blackpool. Saat itu, ia meraih gelar Ballon d’Or di usia yang amat tua sebagai pesepak bola yakni di usia 41 tahun 10 bulan.

Keberhasilannya meraih gelar Ballon d’Or tak lepas dari pengaruhnya saat itu yang berhasil membawa Blackpool menjuarai Liga Inggris 1955/1956.

2. Karim Benzema

Baca Juga:
Profil SBOTOP, Situs Judi Online Sponsor Persikabo 1973 yang Kini Bermasalah dengan Hukum

Karim Benzema juga masuk daftar ini karena baru meraih gelar Ballon d’Or di usianya yang ke-34 tahun 10 bulan pada edisi 2022 lalu.

Penyerang asal Prancis ini berhasil meraih gelar Ballon d’Or usai secara perkasa membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions 2021/2022.

Di sisi lain, Benzema juga berhasil membawa negaranya, Prancis, menjadi kampiun UEFA Nations League 2021/2022.

3. Lev Yashin

Lev Yashin menjadi satu-satunya kiper dalam sejarah yang berhasil meraih Ballon d’Or yakni pada tahun 1963 silam. Saat itu, ia berusia 34 tahun 1 bulan.

Ia berhasil meraih gelar Ballon d’Or seiring penampilan apiknya bagi Dynamo Moscow yang mampu menjuarai Liga Rusia atau Liga Uni Soviet.

Karena kemampuannya di bawah mistar dan keberhasilannya menjadi satu-satunya kiper yang meraih Ballon d’Or, nama Lev Yashin abadi sebagai nama trofi untuk penghargaan kiper terbaik.

4. Luka Modric

Rekan setim Benzema di Real Madrid, Luka Modric, juga berhasil menggondol gelar Ballon d’Or di usianya yang senja, yakni pada usia 33 tahun 3 bulan pada 2018 silam.

Modric mampu menggondol gelar itu kala berhasil membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions 2017/2018.

Selain itu, ia juga membawa Kroasia menjadi Runner Up Piala Dunia 2018 sekaligus meraih gelar pemain terbaik turnamen atau Golden Ball.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More