Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Rafael Vitor usai mencetak gol. (Dok. Penang FC)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia disebut-sebut bakal menaturalisasi satu pemain asal Brasil, Rafael Vitor, yang juga duet Ryuji Utomo ketika memperkuat Penang FC. Dia dinilai sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan status sebagai warga negara Malaysia.

Kabar soal peluang Rafael Vitor menjadi calon pemain naturalisasi Timnas Malaysia ini diungkapkan oleh jurnalis olahraga dari media The Star, T. Avineshwaran. Rafael Vitor disebut bakal menjadi warga negara Malaysia pada akhir tahun ini.

“Endrick bisa bergabung kembali dengan rekan setimnya di Penang FC dalam jersey Harimau Malaya,” tulis T. Avineshwaran melalui akun Twitternya pada Minggu (9/7/2023).

Baca Juga:
Bima Sakti Sebut Masih akan Panggil Pemain Keturunan Lain untuk Seleksi Timnas Indonesia U-17

“Diketahui bahwa pemain berikutnya yang akan dinaturalisasi adalah bek tengah Penang FC, Rafael Vitor. Dia memenuhi syarat untuk mendapatkan kewarganegaraan Malaysia pada akhir tahun ini,”

Peluang Rafael Vitor untuk memperkuat Harimau Malaya memang sangat terbuka. Apalagi, dia sudah memperkuat Penang FC sejak tahun 2020. Vitor tentu akan menjadi opsi terbaru bagi pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon, di sektor pertahanan.

Profil Rafael Vitor

Baca Juga:
Eks Kode Etik FIFA soal Polemik JIS: Stadion Itu Seharusnya untuk Persija

Sebagai informasi, pemain yang memiliki nama lengkap Rafael Vitor Santos de Freitas ini merupakan pesepak bola kelahiran Brasil. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini lahir pada 5 Januari 1993.

Kariernya di dunia sepak bola sudah dimulai bersama klub asal Brasil, Atletico Mineiro, pada 2013. Bersama klub ini, Rafael Vitor bermain selama dua tahun hingga 2015.

Namun, selama berkarier di sana, dia sempat dua kali menjalani masa peminjaman. Yang pertama dia dipinjamkan ke Tupi MG (2013-2014), lalu yang kedua bersama Novorizontino (2015).

Baca Juga:
Heboh Pelemik JIS, Bung Ferry: Kami Jakmania yang Paling Lama Teriak Ingin Stadion

Setelah itu, dia sempat pindah selama semusim bersama America pada tahun 2015 sebelum akhirnya kembali direkrut oleh Atletico Mineiro pada 2016 hingga 2018.

Namun, nasibnya juga masih tak jauh berbeda. Paulo Vitor lagi-lagi harus menjalani masa peminjaman bersama tiga klub yang berbeda, yakni Boa (2016), Rio Negro (2017), dan Vila Nova (2017-2018).

Setelah itu, dia sempat menghabiskan dua kariernya bersama tiga klub yang berbeda, mulai dari Brasil de Pelotas (2018), Nacional AM (2019), dan terakhir bersama Amazonas (2019).

Baca Juga:
Pemain Abroad Terlambat Gabung TC Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti Ungkap Sebabnya

Klub yang disebut terakhir menjadi penutup perjalanan Paulo Vitor di Negeri Samba. Sebab, setelah itu dia memutuskan untuk mengawali kariernya di Asia bersama tim Liga Super Malaysia, Penang FC.

Bersama klub ini, Paulo Vitor sudah bermain sejak tahun 2020 sampai saat ini. Salah satu kiprah impresifnya ialah ketika membantu timnya menjuarai Liga Primer Malaysia 2020 sekaligus promosi ke kasta tertinggi.

Dengan kata lain, Paulo Vitor sudah menghabiskan nyaris empat tahunnya di Negeri Jiran. Jika dia benar-benar dinaturalisasi, Harimau Malaya akan mendapatkan satu amunisi tambahan di lini pertahanan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More